Hari ini, Paslon Pilgub DKI Jalani Tes Kesehatan Rohani

redaksi.co.id - Hari ini, Paslon Pilgub DKI Jalani Tes Kesehatan Rohani JAKARTA -- Tiga pasangan calon (paslon) cagub dan cawagub Pilgub DKI akan menjalani tes kesehatan...

12 0

redaksi.co.id – Hari ini, Paslon Pilgub DKI Jalani Tes Kesehatan Rohani

JAKARTA — Tiga pasangan calon (paslon) cagub dan cawagub Pilgub DKI akan menjalani tes kesehatan rohani pada Ahad (25/9) pagi. Usai menjalani tes kesehatan, keduanya akan menjalani tes bebas narkotika.

Anggota KPUD Provinsi DKI Jakarta Bidang Pencalonan dan Kampanye, Dahlia Umar, mengatakan tes kesehatan rohani akan mengukur sejauh mana kompetensi para paslon untuk mengatur emosi, berkomunikasi, mendelegasikan tugas dan pengelolaan SDM di sekitar. “Penilaian dilakukan oleh unsur psikolog HIMPSI. Nanti akan dilihat apakah yang bersangkutan memiliki problem secara rohani atau tidak,” ujar Dahlia di Jakarta, Sabtu (24/5).

Tes kesehatan rohani bertempat di RS TNI AL Mintoharjo. Usai menjelani tes kesehatan, ketiga paslon akan menjalani tes bebas narkotika di kantor BNN Cawang.

Dahlia menuturkan, seluruh hasil tes, baik tes kesehatan, tes kesehatan rohani dan tes bebas narkoba paling lambat diterima KPUD pada 28 September. Hasil tersebut akan digunakan untuk mengumumkan siapa saja yang memenuhi syarat kesehatan.

“Jika ada paslon yang tidak memenuhi syarat kesehatan berdasarkan rekomendasi dokter, maka yang bersangkutan dinyatakan tidak memenuhi syarat dan dapat digantikan oleh calon lain dari partai sama sesuai kesepakatan,” jelas dia.

Dahlia menambahkan, berdasarkan hasil verifikasi, syarat pencalonan ketiga paslon Pilkada DKI telah lengkap. Pihaknya kini sedang meneliti dokumen para paslon, meliputi ijazah, surat dari kepolisian, pengadilan negeri dan sebagainya. Pemeriksaan seluruh berkas dijadwalkan selesai pada 29 September. Jika ada beberapa dokumen yang memerlukan perbaikan, KPUD memberikan waktu bagi para paslon hingga 4 Oktober mendatang.

Sebelumnya, pada Sabtu, ketiga paslon Pilgub DKI Jakarta menjalani tes kesehatan di RS TNI AL Mintoharjo. Adapun tiga paslon yang resmi mendaftarkan diri dalam bursa Pilkada DKI Jakarta, yakni paslon pejawat Ahok-Djarot Syaiful Hidayat, paslon Agus Yudhoyono-Sylvia Murni dan paslon Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

(red/ris/ahyudianto/AW)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!