Tips Sukses Bisnis ala Miliarder Pendiri Zara

redaksi.co.id - Tips Sukses Bisnis ala Miliarder Pendiri Zara Zara dikenal sebagai salah satu toko ritel fashion terbesar di dunia. Kesuksesan perusahaan hingga sekarang ini tidaklah...

38 0

redaksi.co.id – Tips Sukses Bisnis ala Miliarder Pendiri Zara

Zara dikenal sebagai salah satu toko ritel fashion terbesar di dunia. Kesuksesan perusahaan hingga sekarang ini tidaklah terlepas dari sosok pendiri perusahaan Amancio Ortega. Selain mampu membawa perusahaannya sukses secara global, Ortega pun masuk sebagai salah satu miliarder terkaya di dunia.

Menurut daftar orang kaya versi Forbes, Ortega memiliki kekayaan sebesar US$ 77 miliar. Perusahaannya pun mampu memiliki 7000 toko ritel yang tersebar di 100 negara berbeda. Lalu apa rahasia miliarder ini mampu mereguk sukses besar?

Dilansir dari laman CNBC, Minggu (25/9/2016) berikut lima tips sukses dari Amancio Ortega:

1. Kecepatan adalah kunci

Ketika Ortega mendirikan Zara pada tahun 1975, ia merubah industriritel dengan mempercepat proses produksi lebih dari orang-orang kebanyakan. Satu strategi yang dipakai Ortega adalah menampilkan koleksi baru setiap dua minggu sekali.

Hal ini akhirnya menjadi ciri khas dari perusahaan yang dipimpin Ortega. Ortega juga mampu memimpin pasar lewat strategi yang dijalankannya.

2. Tahu betul keinginan konsumen

Ortega mengatakan bahwa keinginan konsumen harus selalu menjadi fokus utama bagi pebisnis. Ia bisa menggapai sukses dengan selalu meneliti pakaian apa yang ingin orang pakai dan tren apa yang sedang berkembang di pasar.

3. Memperpendek rantai pasokan

Banyak perusahaan ritel yang memilih untuk membuat produk pakaian mereka di negara lain agar mengurangi biaya produksi. Hal ini justru tidak dilakukan oleh Ortega.

Ortega justru memproduksi produknya di Spanyol dan memanfaatkan perajinlokal. Hal ini mampu memperpendek rantai pasokan sehingga perusahaan pun dapat mengikuti trendengan lebih cepat.

4. Selalu rendah hati

Sebelum sukses seperti sekarang, Ortega tumbuh dari keluarga yang sangat sederhana. Hal inilah yang membuatnya terus bisa mempertahankan sifat rendah hati ketika bekerja.

Ia bahkan dikabarkan tidak memiliki ruangan kerja dan memilih bekerja berdampingan dengan karyawannya.

5. Terus berinovasi

Teknologi yang terus berkembang membuat perubahan lebih cepat terjadi. Untuk bisa bertahan akan hal ini maka perusahaan pun harus bisa terus mengeluarkan inovasi-inovasi baru dalam mengembangkan produknya. Hal inilah yang selalu dilakukan oleh Amancia Ortega dalam menjalankan bisnis.

(Vna/Ndw)

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!