'Kutukan' 5 Boneka Paling Menyeramkan di Dunia

redaksi.co.id - 'Kutukan' 5 Boneka Paling Menyeramkan di Dunia Tatapan mata kosong, menerawang dalam kebisuan... Sejujurnya, tampilan beberapa boneka kerap bikin merinding, walaupun sebenarnya mungkin tak...

47 0

redaksi.co.id – 'Kutukan' 5 Boneka Paling Menyeramkan di Dunia

Tatapan mata kosong, menerawang dalam kebisuan… Sejujurnya, tampilan beberapa boneka kerap bikin merinding, walaupun sebenarnya mungkin tak ada hal aneh yang ada di dalamnya.

Boneka — yang berasal dari Bahasa Portugis boneca — adalah salah satu mainan tertua dalam sejarah. Keberadaannya terlacak sejak zaman Yunani, Romawi ataupun Mesir kuno.

Maka tak heran tiruan manusia atau binatang memiliki keterkaitan dengan sejarah manusia, termasuk digunakan dalam ritual-ritual magis.

Hingga sekarang, ada beberapa boneka yang kemudian disebut-sebut memiliki kekuatan lain yang merasuk dalamnya.

Seperti dikutip dari Bustle pada Sabtu (24/9/2016), ada 5 boneka yang disebut-sebut ‘berisi’ kekuatan magis:

1. Robert the Doll

Boneka menyeramkan bernama Chucky dalam film horor diduga merujuk kepada Robert the Doll di Florida.

Robert sekarang menjadi pajangan sebuah museum di Key West, negara bagian Florida.

Dulunya, boneka itu adalah kesayangan Robert Eugene Otto, yang mendapatkannya sebagai hadiah dari kakeknya.

Otto kerap menyalahkan boneka itu untuk segala kecelakaan yang terjadi di rumah, tapi ia juga sayang sekali dengan bonekanya, bahkan diduga memiliki hubungan ‘tidak biasa’ dengan boneka itu.

Ketika Otto meninggal dunia, pemilik rumahnya juga mewarisi bonekanya. Tapi boneka itu dilaporkan bisa bergerak sendiri berkeliling rumah. Belum lagi suara langkah kaki dan cekikikan di loteng.

Setelah dua dekade mengalami suara langkah kaki dan cekikikan, boneka itu kemudian disumbangkan ke museum. Jumlah ‘korban’ bertambah.

Pengunjung museum menduga boneka itu bertanggungjawab atas kerusakan benda elektronik di dekatnya. Pengunjung yang mengambil foto tanpa izin juga disebut-sebut mengalami kesialan.

Bahkan ada pengunjung yang menulis surat permintaan maaf agar kutukan dicabut.

2. Annabelle

Agak berbeda dengan Annabelle yang ada dalam film horor, IRL Annabelle adalah boneka jerami yang haus darah. Bukan seperti boneka porselen cantik.

Kisah Annabelle sesungguhnya juga bukan sebagai obyek pemujaan setan. Lebih tidak kentara daripada itu.

Menurut Ed dan Lorraine Warren, pasangan yang menjadi rujukan film horor Annabelle, boneka mereka adalah hadiah dari seorang ibu kepada anak mereka, Donna. Putri mereka adalah mahasiswi keperawatan usia 20-an.

Donna memergoki Annebelle seakan bergerak sendiri berkeliling rumah ketika ia dan teman serumahnya, Angie, sedang ke luar.

Boneka itu ditemukan di ruang lain daripada sewaktu mereka berangkat pergi.

Sebulan kemudian, Donna dan temannya mulai menemukan tulisan-tulisan catatan di sekeliling rumah, misalnya, “Tolong kami” atau “Tolonglah Lou”. Anehnya, Lou adalah teman Angie.

Suatu hari mereka menemukan tetesan-tetesan darah sehingga mereka memutuskan untuk memanggil perantara. Menurut perantara, Annabelle adalah arwahtidak jahat dari seorang anak perempuan kecil yang terbunuh di tempat berdirinya apartemen sekarang.

Donna malah memberi izin Annebelle untuk tinggal di apartemen dan ini berdampak buruk kepada Lou yang kemudian didatangi boneka itu dalam serangkaian mimpi buruk.

Dalam mimpi, boneka itu mencoba mencekik Lou. Pria itu juga mengalami luka-luka cakar yang mendadak muncul di dadanya.

Akhirnya, Donna menghubungi seorang imam yang kemudian menghubungi pasangan Warren.

Warren mengatakan bahwa Annabelle kerasukan roh setan jahat, bukan arwah anak kecil.

Pasangan Warren membawa Annabelle ke rumah mereka dan boneka itu juga terlihat berkeliaran di rumah sambil melontarkan ancaman-ancaman.

Akhirnya, pasangan Warren membuat kotak bagi Annabelle guna mencegahnya mencelakakan lebih banyak orang, kecuali seorang pria iseng yang mengetuk-ngetuk kotak pajangan Annabelle dan menantangnya untuk membuktikan diri.

Pria itu meninggal dunia dalam kecelakaan motor ketika meninggalkan tempat kediaman Warren.

3. Harold

Harold adalah “boneka kerasukan di eBay” yang pertama dan paling terkenal. Boneka yang dijual secara daring biasanya mencakup penjelasan tentang kutukan yang menyertainya dan kemungkinan permasalahan yang akan dialami pembeli.

Harold jadi terkenal ketika diliput dalam acara Ghost Adventure untuk Travel Channel dan dijuluki “salah satu boneka paling kerasukansedunia”.

Kisah latar belakang menjelaskan bahwa Harold dulunya dimiliki seorang anak lelaki yang meninggal muda. Keluarga anak itu menjaga boneka Harold dan mengaku melihat boneka itu bergerak, tertawa, atau menyanyi sendiri.

Kelaurga itu meminta bantuan seorang imam yang kemudian mengatakan bahwa boneka itu kerasukan dan harus dibakar. Keluarga itu malah menjualnya ke pasar loak. Kegiatan paranormal disebut-sebut mengikuti para pembeli berikutnya.

Belakangan, ada seseorang yang mengaku di dunia maya bahwa ia sengaja menghembuskan kisah Haunted Harold agar mendongkrak harga jual boneka tersebut.

4. Mandy

Mandy sekarang berada di Quesnel and District Museum, British Columbia, sebuah provinsi di Kanada, setelah pemilik sebelumnya konon menyerah akibat ulah boneka itu.

Ulah apa? Di malam hari, terdengar suara tangisan bayi walaupun tidak ada bayi sesungguhnya dalam rumah.

Setelah ada di museum, para pegawai menyalahkannya untuk perpindahan wadah makan siang, pena, dan buku-buku.

Dan seperti kisah boneka-boneka kerasukan lainnya, Mandy menjadi kambing hitam segala kerusakan benda elektronik di sekitarnya dan disebut-sebut bisa bergerak sendiri.

5. Peggy

Legenda boneka Peggy menyebutkan bahwa tatapan ke arah Peggy bisa mengundang bahaya. Menurut pemiliknya, yaitu seorang penyidik paranormal bernama Jayne Harris, boneka itu menyebabkan sakit fisik seperti mual, pusing, dan — dalam satu kasus –serangan jantung.

Ada juga ‘penampakan’ rumah sakit jiwa dialami oleh sekitar 80 orang yang melihat video Peggy atau bahkan gambar boneka tersebut.

Menurut Harris, beberapa pakar metafisika mengaku Peggy merasa “resah, frustrasi, dan disesah dalam hidupnya.” Beberapa penyidik bahkan mengatakan Peggy “memiliki kaitan dengan Holocaust”.

(red/udianto/R)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!