Salah Diagnosis, Pria ini 'Lumpuh' Selama 43 Tahun

redaksi.co.id - Salah Diagnosis, Pria ini 'Lumpuh' Selama 43 Tahun Kesalahan diagnosis dokter dapat berakibat fatal terhadap pasiennya. Bukannya sembuh daripenyakit namun seseorang justru bisa mendapat...

26 0

redaksi.co.id – Salah Diagnosis, Pria ini 'Lumpuh' Selama 43 Tahun

Kesalahan diagnosis dokter dapat berakibat fatal terhadap pasiennya. Bukannya sembuh daripenyakit namun seseorang justru bisa mendapat musibah lain.

Seperti halnya yang dialami oleh seorang pria di Portugis. Ia terpaksa menghabiskan waktu selama 43 tahun dikursi roda setelah dokter di sebuah rumah sakit di Lisbon salah mendiagnosis penyakitnya.

Seperti dikutip dari Daily Mail, Senin (26/9/2016), Rufino Borrego (61) kala itu berusia 13 tahun saat dia didiagnosa menderita penyakit otot menyusun atau Muscular Dystrophy.

Penyakit tersebut menyebabkan terjadinya kelainan otot yang pada akhirnya menyebabkan kelemahan dan hilangnya jaringan otot.

Namun diagnosis berbeda disampaikan oleh seorangahli saraf pada 2010 lalu. Menurutnya, apa yang diderita BorregosebenarnyaMyasthenia. Penyakit ini hanya melemahkan otot dan dapat diobati dengan mengonsumsi obatasma.

Borregopun memutuskan untuk menjalani metode penyembuhan sederhana, yakni mengonsumsi obat asma. Lambat laun pria itu pun dapat berjalan normal.

“Kami pikir itu adalah sebuah keajaiban,” kata pemilik kafe di lingkungan tempat Borregotinggal,Manuel Malao.

Kinidiusiayang telah menginjak 61 tahun, pria yang telah menghabiskan 43 tahun hidupnya dengan ‘terikat’ di kursi roda itu dapat kembali berjalan.

“Aku tidak menyalahkan rumah sakit itu karena telah salah mendiagnosispenyakitku. Kita juga tahu Myasthenia hampir belom dikenal saat itu. Kini aku hanya ingin menikmati hidupku,” ujar Borrego.

(red/hmad/yaiku/AS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!