Elga Kharisma Ratu BMX Indonesia

redaksi.co.id - Elga Kharisma Ratu BMX Indonesia Elga Kharisma Novanda yang memperkuat kontingen Jawa Timur berhasil mempertahankan predikat Ratu BMX Indonesia setelah kembali merebut medali emas...

32 0

redaksi.co.id – Elga Kharisma Ratu BMX Indonesia

Elga Kharisma Novanda yang memperkuat kontingen Jawa Timur berhasil mempertahankan predikat Ratu BMX Indonesia setelah kembali merebut medali emas Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Sirkuit Galuh, Ciamis, Jawa Barat, Minggu (25/9).

Pebalap asal Malang ini sukses menjadi yang tercepat masuk finis dengan catatan waktu 38,930 detik atau unggul dua detik dengan dengan peraih medali perak yaitu Cupi Nopianti dengan catatan 40,975 detik. Sedangkan perunggu direbut Regina Patricia dari NTB dengan waktu 40,707 detik.

Peraih emas SEA Games 2013, dengan nomor start 44 itu selalu unggul. Bahkan, pada kualifikasi resmi catatan waktunya tidak jauh dari catatan waktu pada perlombaan resmi. Elga terlihat sangat dominan dibandingkan dengan pebalap lain.

Elga yang sudah pernah mengenyam pelatihan di markas UCI Swiss ini bahkan terlihat tenang saat mengayuh sepeda meski tekanan suporter tuan rumah terus memberikan tekanan, karena ada tiga pebalap tuan rumah yang turun di nomor ini.

“Saya seperti biasa saja. Fokus dalam berlomba. Yang jelas saya bangga kembali meraih medali emas PON. Ini emas yang kedua,” kata Elga Kharisma Novanda usai pengalungan medali.

Menurut dia, persaingan di babak final BMX cukup ketat. Apalagi tuan menurunkan pebalap-pebalap terbaiknya. Namun, pihaknya mengaku terus berusaha menunjukkan kemampuan terbaiknya hingga medali emas berhasil diraih.

Ditanya kekuatan lawan di final, Elga mengaku tidak bisa menilai kemampuan lawan. Pihaknya hanya menegaskan jika dipertandingan di final semua pebalap dalam kondisi terbaik dan sama-sama ingin merebut medali emas.

“Saya gak tau kenapa lawan cukup jauh,” kata pebalap yang saat ini juga sudah merintis usaha distro di kota kelahirannya itu.

Final BMX di Sirkuit Galuh ini terbilang luar biasa. Ribuan masyarakat melihat secara langsung balapan yang juga dihadiri oleh Ketua Umum PB ISSI Raja Sapta Oktohari, Bupati Ciamis Iing Syam Arifin, Ketua Pengprov ISSI Jawa Barat Ato Hermanto hingga pejabat di lingkungan pemerintah Kabupaten Ciamis.

Tidak ketinggalan pebalap balap sepeda asal Jawa Barat yang sudah menyelesaikan balap juga terlihat di tribun penonton seperti peraih emas sepeda gunung Kusmawati Yazid, pebalap Rohidah dan pebalap sepeda gunung lainnya Bandi Sugito.

(red/aini/J)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!