Wilayah Ini Bakal Jadi Lumbung Jagung Nasional

redaksi.co.id - Wilayah Ini Bakal Jadi Lumbung Jagung Nasional Pemerintah ingin menggenjot pencapaian swasembada pangan pada 2019. Salah satu upaya yang tengah dilakukan adalah memetakan lokasi...

18 0

redaksi.co.id – Wilayah Ini Bakal Jadi Lumbung Jagung Nasional

Pemerintah ingin menggenjot pencapaian swasembada pangan pada 2019. Salah satu upaya yang tengah dilakukan adalah memetakan lokasi pengembangan pertanian.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengungkapkan selain sudah memiliki lumbung padi nasional, pemerintah tengah mencari tempat untuk menjadi lumbung jagung nasional. Jagung menjadi salah satu bahan pangan yang ditargetkan swasembada pada 2019.

“Nanti dua minggu ke depan kumpul lagi kita ingin petakan. Sebenernya sudah ada sih, seperti jagung di mana yang cocok untuk agroclimate-nya,” kata Amran di Kantor Kemenko Perekonomian, Selasa (27/9/2016).

Amran menyebut lokasi-lokasi itu di antaranya wilayah di Nusa Tenggara Timur (NTT), seperti Sumbawa, Dompu dan Bima. Selain kondisi geografisnya yang cocok, diklaim Amran lingkungan sosial masyarakatnya juga mendukung.

Dengan skema pemetaan ini diharapkan ke depan anggaran akan lebih fokus dan mengikuti program-program yang ditetapkan pemerintah.

“Jadi ke depan tidak lagi anggaran kita diecer dari Sabang sampai Merauke tapi kita berdasarkan keunggulan komparatif suatu daerah sehingga produktivitas tinggi dengan biaya serendah mungkin,” papar Amran.

(red/atno/wi/anto/RDS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!