Pengertian dan Perbedaan Kartu Cicilan, Kartu Kredit dan KTA

redaksi.co.id - Pengertian dan Perbedaan Kartu Cicilan, Kartu Kredit dan KTA Sebagai pelaku bisnis yang banyak memiliki saingan, beragam usaha dilakukan oleh bank dalam mendapatkan nasabah...

32 0

redaksi.co.id – Pengertian dan Perbedaan Kartu Cicilan, Kartu Kredit dan KTA

Sebagai pelaku bisnis yang banyak memiliki saingan, beragam usaha dilakukan oleh bank dalam mendapatkan nasabah dan keuntungan yang menjanjikan. Hal ini tentu saja dapat dimaklumi, mengingat bisnis perbankan merupakan salah satu bisnis global yang banyak menghadapi tantangan dalam pelaksanaannya.

Beragam produk dan bentuk layanan jasa lainnya diciptakan demi mendapatkan banyak nasabah baru dari berbagai segmen yang beragam. Hal ini akan berbanding lurus dengan respon dan keputusan yang diambil para calon nasabah di dalam memilih yang akan mereka gunakan. Ada banyak pilihan, maka tentu saja akan ada banyak pula pertimbangan bagi para nasabah yang menggunakan jasa dan layanan perbankan.

Namun hal ini adalah sebuah bentuk siklus bisnis yang sehat, karena dengan ketatnya persaingan yang ada, maka pihak bank juga akan selalu menambah fasilitas dan penawaran menarik di dalam berbagai macam produk yang mereka tawarkan. Dengan adanya hal yang demikian, maka Anda sebagai calon nasabah dapat membandingkan, mempertimbangkan dan memilih dengan leluasa produk perbankan yang paling sesuai dengan keinginan serta kebutuhan Anda.

Salah satu produk yang diterbitkan bank dan memiliki respon yang cukup baik dari para nasabah adalah produk kartu cicilan atau lebih dikenal dengan nama ready credit. Anda tentu akan bertanya-tanya, apa sebenarnya manfaat dan fitur yang terdapat di dalam kartu cicilan, bukan?

Pada dasarnya kartu cicilan memiliki tampilan fisik yang sama dengan kartu kredit, namun jangan sampai salah ya, karena sebenarnya kartu cicilan memiliki perbedaan yang sangat jauh dengan kartu kredit yang telah jauh lebih dulu terkenal dan banyak digunakan secara luas. Untuk lebih mengenal kartu cicilan, simak beberapa poin di bawah ini:

Kartu Cicilan dan Kartu Kredit via thewealthwisher.com

Seperti dikatakan di awal, kartu ini memiliki bentuk fisik yang sama dengan kartu kredit pada umumnya, namun ada beberapa hal yang membuatnya berbeda dari kartu kredit terutama di dalam fungsi dan penggunaannya.

Intinya, kartu cicilan hanya dapat digunakan sebagai alat untuk menarik dana tunai saja dan bukan sebagai alat pembayaran atau kartu belanja sebagaimana kita bisa menggunakan kartu kredit maupun kartu debit yang kita miliki.

Meski secara penggunaan dan sumber dana yang dimiliki kedua produk perbankan ini hampir sama, namun ternyata ada beberapa perbedaan di dalam kartu cicilan dan Kredit Tanpa Agunan (KTA). Seperti dijabarkan dalam beberapa poin di bawah ini:

Uraian

KTA

Kartu Cicilan

Biaya administrasi

Jumlahnya bervariatif, sekitar

Gratis

Cicilan pembayaran

Cicilan dalam jumlah tetap

Ada pembayaran minimum dan fleksibel yang bisa dipilih

Fasilitas pinjaman

Hanya satu kali pakai

Bisa berkali-kali pakai tanpa harus melakukan pengajuan kembali

Fasilitas transfer

Tidak dilengkapi fitur ini

Bisa melakukan transfer ke rekening yang dikehendaki

Laporan penagihan

Tidak tersedia

Ada lembar tagihan bulanan layaknya kartu kredit

Berdasarkan tabel di atas, kita bisa melihat dengan jelas bagaimana kartu cicilan justru memiliki beragam kelebihan bila dibandingkan dengan KTA. Penggunaannya yang fleksibel dan bisa disesuaikan dengan jumlah kebutuhan dana yang harus diambil melalui mesin ATM juga menjadi sebuah nilai lebih. Selain hal tersebut, kartu cicilan juga dapat digunakan berulangkali dan selama yang Anda butuhkan, di mana Anda tidak perlu melakukan pengajuan pinjaman kembali ke pihak bank pada saat akan menggunakan dana yang tersedia setelah Anda melakukan pembayaran terhadap pemakaian sebelumnya.

Kartu Kredit vs Kartu Cicilan

Meski memiliki bentuk fisik dan sistem pembayaran serta pengembalian limit yang hampir sama, namun kartu kredit dan kartu cicilan tetap memiliki banyak perbedaan, di mana dalam penggunaannya yang terbatas, kartu cicilan tidak dapat dimanfaatkan sebagai kartu belanja. Simak tabel di bawah ini, untuk penjelasan yang lebih rinci:

Uraian

Kartu kredit

Kartu cicilan

Iuran tahunan

Ada iuran tahunan yang jumlahnya disesuaikan dengan jenis kartu

Gratis

Biaya administrasi

Dikenai biaya jika tarik tunai, transfer, dan denda keterlambatan

Gratis

Bunga

Besaran bunga belanja 2,99% per bulan dan bunga penarikan tunai

Bunga flat tergantung dari plafon kartu atau bisa juga bebas bunga dengan syarat masa cicilan yang pendek (3 bulan)

Pembayaran tagihan

Minimal 10% dari total tagihan

Minimal 6% dari tagihan

Memperoleh Kartu Cicilan viawww.jberita.com

Penggunaan dana yang terdapat di dalam kartu cicilan sangat fleksibel dan dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda, bila sewaktu-waktu Anda memerlukan dana tunai dalam keadaan mendesak, maka kartu cicilan bisa langsung Anda gunakan dengan mudah tanpa repot-repot lagi melakukan pinjaman dana ke bank yang tentu saja akan memakan banyak waktu untuk prosesnya. Sedangkan di saat Anda tidak memerlukannya, maka Anda dapat dengan nyaman menyimpan kartu ini tanpa perlu merasa was-was karena kartu cicilan tidak dikenakan biaya iuran tahunan dan sejumlah biaya administrasi lainnya.

Bahkan bila ternyata Anda memiliki sejumlah hutang di dalam kartu cicilan Anda, maka dengan mudah Anda dapat melunasinya melalui fasilitas cicilan tetap yang tersedia dan bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda sendiri.

Berbeda dengan dan KTA, proses pengajuan kartu cicilan cenderung lebih mudah dan tidak rumit. Hal ini dapat dilihat dari beberapa persyaratan seperti: besaran gaji / penghasilan yang lebih kecil bila dibandingkan dengan saat akan mengajukan kartu kredit dan pelampiran slip gaji / Surat Keterangan Penghasilan bukan hal yang wajib saat Anda akan mengajukan kartu ini.

Berikut ini adalah beberapa persyaratan umum yang biasanya dikeluarkan oleh bank dalam pengjuan kartu cicilan:

Selain melengkapi persyaratan di atas, sebaiknya Anda juga mempertimbangkan data pendukung lainnya yang Anda cantumkan dalam pengajuan. Usahakan rekening tabungan yang Anda miliki dalam keadaan layak dan mempunyai saldo yang cukup dan tidak selalu habis minimal selama 3 bulan terakhir, karena hal ini akan menjadi pertimbangan pihak bank untuk melihat kemampuan bayar yang Anda miliki.

Pastikan Anda juga mengisi aplikasi dengan data diri Anda yang lengkap, hal ini juga akan sangat membantu pihak bank untuk melakukan verifikasi terkait dengan pengajuan kartu cicilan yang Anda lakukan. Anda tentu tidak ingin mengajukan sebuah aplikasi dengan sia-sia, bukan?

Dari semua kelebihan yang dimiliki oleh kartu cicilan, tentu tidak ada salahnya Anda mengajukan dan memiliki kartu ini sebagai sebuah fasilitas perbankan dan sumber dana cepat di waktu-waktu yang tidak terduga. Kartu cicilan bukanlah sebuah kartu belanja, karena itu Anda tidak akan sulit untuk mengatur penggunaannya. Penting untuk selalu diingat, bahwa setiap bentuk pinjaman yang Anda ajukan ke bank, itu akan menimbulkan hutang bila digunakan, maka bijaklah dalam mengunakan dana pinjaman tersebut agar Anda tidak kesulitan saat melakukan pembayaran.

(red/ainin/adziroh/LN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!