8 Tips Berhemat untuk Hindari Krisis Keuangan

redaksi.co.id - 8 Tips Berhemat untuk Hindari Krisis Keuangan Uang adalah salah satu kebutuhan yang penting dalam kehidupan seseorang, tetapi jika salah mengelola atau mengatur uang...

25 0

redaksi.co.id – 8 Tips Berhemat untuk Hindari Krisis Keuangan

Uang adalah salah satu kebutuhan yang penting dalam kehidupan seseorang, tetapi jika salah mengelola atau mengatur uang yang Anda punya, kehidupan Anda mungkin bisa berbalik dengan keadaan sebelumnya. Oleh karena itu, berhemat menabung adalah salah satu cara untuk mencegah krisis finansial.

Berikut 10 tips menabung untuk seimbangkan hidup Anda seperti dilansir dari lifehack.org pada Rabu (28/09/16).

1. Jual barang yang tak perlu

Setiap orang pasti mempunyai barang yang tidak terlalu penting bahkan tidak pernah digunakan. Tetapi, mereka tetap menyimpan barang tersebut. Cobalah untuk menjual barang yang tidak pernah digunakan tersebut. Bahkan saat ini banyak online shop yang mempermudah untuk menjual.

Oleh karena itu, cobalah untuk menjualnya dan simpan uang hasil penjualan barang untuk keperluan yang lebih penting.

2. Buat daftar belanja

Membuat daftar belanja sebelum Anda pergi ke supermarket adalah salah satu cara termudah menyimpan uang. Karena Anda hanya membeli apa yang ada di dalam daftar, tidak membeli barang yang di luar daftar. Bayangkan jika tidak ada daftar belanja, Anda cenderung membeli apa saja yang Anda lihat atau sesuai gerak hati Anda. Itulah sebabnya uang akan terbuang begitu saja.

Membuat daftar belanja tidak hanya membantu dalam membeli apa saja yang sesuai dengan rencana, tetapi cara ini juga membantu menghindari pembelian makanan yang tidak sehat.

3. Cari bank dengan tawaran yang bagus

Saat ini setiap bank menawarkan sejumlah keuntungan untuk menarik konsumen, seperti besarnya bunga atau tidak ada potongan setiap bulan. Cobalah membuat riset tentang tawaran terbaru dari setiap bank. Beberapa bank menawarkan bonus apabila Anda membuka akun dan menabung.

4. Hindari makanan instan dan makanan cepat saji

Daripada mempersiapkan makan malam dengan makanan cepat saji, cobalah memasak dengan sesuatu yang lebih sehat dan sederhana. Hanya dengan satu jam persiapan akan terasa cukup untuk memilih menu makan malam. Hal ini tidak hanya menyimpan uang Anda, tetapi menjadi lebih sehat.

5. Hemat Listrik

Cara lain untuk menyimpan uang adalah dengan memperhatikan listrik yang digunakan. Lampu dengan tenaga yang efisien mungkin terlihat lebih mahal dibandingkan lampu biasa. Tetapi seiring berjalannya waktu, ada dua tipe lampu yang menggunakan sedikit listrik di mana bisa menghemat biaya. Dua tipe lampu tersebut yaitu CFL dan LED. Lampu LED cenderung lebih mahal dibandingkan CFL, tetapi kedua lampu itu hemat listrik, menyala seperti lampu biasanya dan tidak terlalu panas jika dipegang.

6. Hapus informasi kartu kredit dari situs online

Setiap orang cenderung memasukkan informasi kartu kredit karena itu dapat memudahkan mereka dalam pembelian secara online. Hal itu sama saja dengan membeli barang yang tidak perlu. Cara yang paling tepat adalah menghapus informasi kartu kredit dari akun di setiap situs online.

7. Lakukan perbandingan harga

Banyak dari setiap orang membeli sembako dari supermarket yang sama. Di sisi lain, masih banyak supermarket yang memiliki tawaran yang menggiurkan. Caranya adalah cukup buatlah daftar belanja yang akan dibeli, lalu beli barang yang sama dari toko yang berbeda di waktu yang sama. Dengan demikian, hal ini bisa menentukan toko manakah yang menjual barang lebih murah. Hal itu bisa menghemat uang Anda.

8. Hindari penggunaan kartu kredit

Setiap orang biasanya menggunakan kartu kredit untuk membeli barang sesuai gerak hatinya. Gunakanlah hanya untuk darurat saja. Sembunyikan kartu kredit di tempat yang aman, tidak di dalam dompet. Cobalah untuk tidak dibawa, karena dapat menimbulkan pembelian barang yang sebenarnya tidak penting. Hasilnya uang pun akan terbuang banyak.

(red//ur/sikin/MNA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!