5 Hal Ini Bikin Tak Sadar Kalau Anda Kaya

88

redaksi.co.id – 5 Hal Ini Bikin Tak Sadar Kalau Anda Kaya

Sering mengeluh tidak punya uang, sering kehabisan uang di akhir bulan, atau beralasan tidak ada uang saat teman mau pinjam, dan selalu takut tidak punya uang?

Padahal jika dihitung, penghasilan Anda cukup lumayan di antara teman-teman sebaya. Anda juga bukan termasuk ke dalam golongan kelas menengah ke bawah.

Di Indonesia, kelas menengah adalah seseorang yang termasuk dalam kategori dengan rentang penghasilan antara Rp 2,6 juta-Rp 6 juta. Boston Consulting Group (BCG) menyatakan kelas menengah Indonesia berjumlah 74 juta orang pada 2014.

Jika penghasilan Anda lebih dari Rp 6 juta, berbahagialah karena artinya Anda termasuk ke dalam kelas menengah ke atas.

Akan tetapi kenapa Anda masih saja ‘belagak’ susah? Mungkin ini sebabnya seperti dikutip dari www.cekaja.com, Sabtu (1/10/2016):

1. Karena aset-aset Anda tidak mudah dijadikan uang tunai

Ya, Anda punya banyak aset. Namun aset tersebut berbentuk sesuatu yang sulit diubah dalam bentuk uang tunai. Misalnya rumah atau rekening pensiun. Jadi meskipun punya banyak aset tapi tidak punya uang tunai di tangan, Anda tetap merasa tidak punya uang.

2. Karena besar pasak daripada tiang

Percuma saja kalau bergaji besar tapi kebutuhan gaya hidup Anda juga mahal. Selain pemasukan yang tidak menutup pengeluaran, mungkin manajemen keuangan Anda juga buruk sehingga Anda tidak bisa membedakan mana keinginan dan mana kebutuhan. Orang-orang seperti ini jadi yang paling merasa merana saat akhir bulan.

3. Karena tidak punya dana darurat

Dana darurat sejatinya disisihkan setiap bulan. Jangan sepelekan dana darurat ini. Contoh kasus adalah saat ada kebutuhan mendesak seperti biaya rumah sakit yang tidak ditanggung asuransi, uang tabungan pun akhirnya dikorbankan. Inilah mengapa orang yang sebenarnya punya cukupuang bisa mendadak jadi miskin.

4. Karena menabung lebih banyak sehingga jatah kebutuhan sehari-hari sedikit

Bukan termasuk orang yang boros tapi tetap merasa tidak punya uang? Mungkin ini karena Anda terlalu giat menabung. Apalagi jika rasio konsumsi dan tabungan mencapai 1:4. Setiap menerima gaji, Anda hanya mengambil sedikit untuk kebutuhan sehari-hari, sedangkan selebihnya ditabung.

Akibatnya jatah kebutuhan sehari-hari pun pas-pasan dan harus ekstra hemat. Meski uang di rekening tabungan banyak, Anda tetap merasa tidak punya uang karena bersikeras tidak mau menggunakannya.

5. Karena pelit

Sederhananya, kalau Anda pelit, Anda justru merasa selalu kekurangan. Orang kaya yang punya banyak uang tidak pelit untuk berbagi karena mereka tahu, berbagi tidak lantas membuat mereka jadi miskin.

Akan tetapi pelit yang membuat Anda tidak sadar kalau Anda kaya adalah pelit pada diri sendiri. Sebanyak apapun uang Anda, kalau Anda tidak mau membelanjakannya, Anda sama saja dengan orang yang tidak punya uang. (Ndw/Ahm)

(red/udhi/wi/nggoro/YDA)

loading...

Comments

comments!