Karakteristik Usaha yang Cocok Saat Pensiun

redaksi.co.id - Karakteristik Usaha yang Cocok Saat Pensiun Ketika memasuki masa pensiun, pendapatan bulanan yang biasanya selalu kita terima tidak akan didapatkan lagi. Bagi Anda yang...

21 0

redaksi.co.id – Karakteristik Usaha yang Cocok Saat Pensiun

Ketika memasuki masa pensiun, pendapatan bulanan yang biasanya selalu kita terima tidak akan didapatkan lagi. Bagi Anda yang sudah mempersiapkan hal ini, mungkin masalah keuangan saat pensiun tidak akan terjadi.

Akan tetapi, persiapan pensiun setiap orang tentu berbeda. Terkadang, ada orang yang masih harus mencari pendapatan baru untuk tetap menghidupi keluarganya.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan berbisnis. Namun, berbisnis saat masa pensiun bukanlah perkara sembarangan. Sebab, di saat memasuki usia pensiun, Anda bisa dibilang mustahil untuk mencari pinjaman modal ke bank.

Satu-satunya harapan untuk mendapat modal hanyalah dari uang pensiun atau tabungan saja. Karena itu, kehati-hatian sangat diperlukan dalam hal ini.

Untuk membantu Anda, cermati.com telah merangkum beberapa karakteristik pekerjaan atau bisnis yang cocok bagi parapensiunan seperti ulasan berikut ini seperti ditulis Sabu (1/10/2016):

1. Usaha yang tidak begitu berisiko

Para pensiunan lebih cocok jika memilih sektor usaha dengan resiko yang rendah, mengingat usia Anda yang sudah tidak muda lagi sehingga masa tua anda tidak akan dipaksa untuk berpikir keras tentang usaha yang akan dijalani. Jadi, Anda tinggal menikmati serta menjalani bisnis saja.

2. Usaha yang mudah dioperasikan

Hampir sama dengan karakteristik yang pertama, yakni usaha yang dipilih haruslah mudah dioperasikan mengingat masa tua Anda sudah tidak lagi berstamina maupun mampu berpikir keras seperti pada usia muda lagi.

3. Usaha yang terus berkembang meski didiamkan

Karakteristik usaha berikutnya adalah usaha yang walaupun didiamkan, namun dapat terus berkembang, sehingga proses pengembangannya akan lebih mudah dan cepat.

4. Usaha sesuai dengan hobi

Jika usaha yang Anda pilih sesuai dengan hobi Anda, maka akan menjadi nilai tambah sendiri terhadap bisnis tersebut, karena didukung dengan kemampuan serta kesenangan Anda sendiri dalam menjalani pekerjaan tersebut melalui hobi.

Jalankan dengan Serius

Meski sudah pensiun, bukan berarti untuk bermalas-malasan bukan? Justru di saat ini Anda akan punya lebih banyak waktu untuk tercurah pada hal di luar pekerjaan seperti berbisnis dan berkumpul dengan keluarga.

Bila ingin menjalankan bisnis, jalankan dengan sungguh-sungguh dan hati-hati. Jangan sampai modal yang Anda keluarkan menjadi sia-sia karena kesalahan tertentu yang membuat bisnis hancur. Selain itu, jangan ragu bertanya kepada orang yang sudah berpengalaman berbisnis. Masukan dari mereka akan sangat berguna bagi Anda. (Ahm/Ndw)

(red/hmad/yaiku/AS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!