8 Cara Hidup Orang Kaya di Dunia yang Superhemat

redaksi.co.id - 8 Cara Hidup Orang Kaya di Dunia yang Superhemat Bagaimana definisi hidup hemat menurut Anda? Mungkin hidup hemat menurut setiap orang berbeda-beda, baik pengertian...

42 0

redaksi.co.id – 8 Cara Hidup Orang Kaya di Dunia yang Superhemat

Bagaimana definisi hidup hemat menurut Anda? Mungkin hidup hemat menurut setiap orang berbeda-beda, baik pengertian maupun caranya. Tentu cara hemat orang kaya tidak akan sama dengan cara hemat yang dilakukan orang yang berpendapatan pas-pasan. Apalagi orang yang masih berkekurangan.

Tahukah Anda bahwa orang yang hidup kaya belum tentu selalu boros dan menghambur-hamburkan uangnya. Walaupun sudah bergelimang harta, tiap orang kaya pernah menjalani gaya hidup hemat yang tidak bisa hilang dari dalam dirinya. Kebanyakan orang terkaya di dunia saat ini berasal dari keluarga yang pas-pasan sejak mereka lahir. Mereka membangun kekayaan benar-benar dari bawah. Meskipun begitu, ada orang kaya yang memang sudah kaya sejak lahir karena keturunan.

Ada beberapa orang kaya yang tidak suka menghambur-hamburkan harta mereka. Bahkan, cara hidup mereka sangat sederhana, sama seperti kebanyakan orang. Ada yang tak segan makan bersama di kafetaria dengan para pegawainya. Ada yang nyaman memakai kaus dan celana jeans saat bekerja. Bahkan, ada yang tidak mau pindah ke rumah mewah. Bisa dibilang kebiasaan tidak biasa tersebut yang membuat mereka menjadi semakin kaya.

Berikut ini adalah beberapa cara hidup superhemat yang dilakukan beberapa orang kaya di dunia.

Rumah Sederhana Warren Buffett viazimbio.com

Warren Buffett, salah satu orang terkaya di dunia, memilih tinggal dan menetap di rumah lamanya yang telah dibeli tahun 1958. Padahal, dengan total kekayaan sebesar ratusan triliun, bukan mustahil jika ia bisa membeli hunian yang lebih mewah. Rumah lamanya tersebut dulu hanya dibeli dengan harga USD 31.500. Bahkan, rumah lamanya masih berisi berbagai peralatan rumah tangga yang lama. Ia tidak mau menggantinya dengan berbagai macam perabotan yang baru.

Buffett juga menolak menggunakan telepon seluler, smartphone, dan komputer sebagai alat kerjanya. Pada rapat medio 2014, ia menjelaskan bahwa tolak ukur kebahagiaan hidupnya tidak diukur dengan kekayaan yang ia miliki. Buffett mengaku sudah sangat bahagia saat ini walaupun hanya memiliki satu rumah saja. Itu pun rumah yang sudah lama ia tinggali. Ia mengatakan bahwa bisa saja hidupnya malah menjadi berantakan apabila ia memiliki 6-8 rumah.

Selain Warren Buffett, pengusaha asal Meksiko Carlos Slim Helu juga masih menetap di rumah sederhananya yang dibelinya 30 tahun silam. Kamarnya yang berada di rumah lamanya tersebut tidak terlalu luas. Hanya ada enam kamar yang digunakan untuknya bersama anak-anak dan cucunya. Padahal, Carlos memiliki kekayaan sebesar USD 67,2 miliar atau Rp923 triliun (Kurs Rp13.738 per USD).

Sandwich viaskinnyonnutrition.com

Charlie Ergen, pimpinan Dish Network yang memiliki kekayaan sebesar USD 14,5 milliar, mengakui yang ia terapkan hingga saat ini didapatkan sejak dalam pengasuhan ibunya. Dulu Charlie memang bukan orang yang bergelimang harta seperti saat ini. Kebiasaan hidup hemat sejak kecil ia bawa hingga saat ini. Bahkan, Ergen hanya memakan roti sandwich dan minuman berenergi setiap harinya. Ia lebih memilih menu makanan yang sederhana untuk makan siang daripada harus makan siang di beberapa restoran ternama.

Berbagi Kamar viaigem.uwaterloo.ca

Masih membahas kebiasaan sederhana yang dilakukan Charlie Ergen. Selain lebih suka mengonsumsi makan siang dengan menu sederhana, ia juga tidak keberatan jika harus berbagai kamar hotel dengan rekannya saat melakukan perjalanan bisnis. Mungkin kebanyakan orang akan merasa keberatan karena ingin privasi yang lebih banyak. Namun, hal ini tidak berlaku bagi Ergen.

Mobil Lama viawikimedia.org

Selain masih menggunakan rumah lama, Carlos Slim Helu juga masih menyukai mobil lamanya. Ia lebih memilih memakai mobil lamanya tersebut daripada harus menghambur-hamburkan uangnya untuk membeli jet atau kapal pesiar pribadi. Terlebih jika hanya berpergian jarak dekat.

Daripada menghamburkan hartanya, ia lebih suka menggunakan . Menurut Carlos, kekayaan bagaikan kebun buah. Anda hanya butuh menumbuhkan, membesarkan, dan memperluasnya. Selain Carlos, pendiri IKEA Ingvar Kamprad juga masih suka bepergian dengan mobil lamanya. Sesekali ia menggunakan bus atau angkutan umum.

Pesawat Kelas Ekonomi viawordpress.com

Ingvar Kamprad termasuk orang terkaya kedua di Eropa saat ini. Jumlah kekayaannya sekitar USD 39,3 miliar. Pemilik IKEA ini tetap berperilaku sederhana walaupun hartanya sangat banyak. Untuk masalah bepergian, ia masih tetap memakai pesawat komersial kelas ekonomi.

Kafetaria viadesales.edu

Pemilik Zara, Amancio Ortega, memiliki kebiasaan yang tidak berubah sejak dulu. Ia bersama istrinya sering menghabiskan waktunya bersama di kedai kopi sejak dulu. Bahkan, Ortega tidak merasa malu untuk makan siang bersama karyawannya di kafetaria kantor pusat Zara. Kebiasaan ini juga sering dilakukan Kamprad. Ia tidak segan makan bersama dengan para karyawannya yang ada di kafetaria IKEA.

Bersepeda ke Tempat Kerja viaci.berkeley.ca.us

Jika lokasi tempat kerja tidak jauh, mengapa tidak menggunakan sepeda saja? James Caudwell, pengusaha telepon genggam asal Inggris, masih melakukan kebiasaan ini saat pergi ke tempat kerja setiap harinya. Padahal, kekayaan yang dimilikinya lebih dari USD 2 miliar atau Rp2,74 triliun.

Perabotan Rumah viawallpapersking.com

Graham Hill, pemilik situstreehugger.com, memiliki keyakinan bahwa semakin sedikit barang yang ia miliki maka hati akan semakin bahagia. Saat ini ia tinggal di apartemen seluas 39 m dengan peralatan rumah tangga yang sangat minim. Peralatan rumah tangga yang dimilikinya dapat dilipat dan langsung ditarik dari dinding. Menurutnya, benda-benda tersebut tidak akan memakan banyak tempat.

MarkZuckerberg dengan Kaus Andalannya viasocial-searcher.com

Siapa yang tidak mengenal Facebook? Media sosial yang satu ini memiliki pengguna paling banyak di dunia. Sang pendiri, Mark Zuckerberg, memiliki total kekayaan sebesar USD 13,3 miliar atau sekitar Rp182,7 triliun (kurs Rp13.738 per USD). Namun, tahukah Anda jika ia memiliki 20 kaus berwarna abu-abu dengan model yang sama? PemilikFacebookini memang hampir setiap hari memakai pakaian yang sama. Sebuah kaos berwarna abu-abu yang kemudian menjadi ciri khasnya.

Hal serupa juga dilakukan Amancio Ortega. Meskipun mempunyai perusahaan fesyen ternama di dunia, perancang asal Spanyol ini masih tetap menggunakan pakaian yang sama tiap harinya, yaitu blazer biru, kemeja putih, dan celana abu-abu.

Potong Rambut Sendiri viahuffpost.com

Selain sering memakai sepeda saat ke tempat kerja, James Caudwell juga masih sering mencukur rambutnya sendiri. Ia tidak memerlukan jasa tukang cukur untuk melakukan hal ini.

Itu tadi beberapa cara hidup super hemat yang dilakukan beberapa orang terkaya di dunia. Sekilas memang agak aneh. Sikap sederhana mereka memang tidak mencerminkan jumlah kekayaan yang mereka memiliki. Hidup sederhana yang mereka tampilkan bukan hanya sekadar hidup sederhana saat mereka penuh dengan kekayaan saja.

Hidup sederhana yang mereka lakukan juga mencerminkan kepribadian yang mereka miliki. Walaupun memiliki harta yang banyak, mereka tetap bersikap rendah hati. Mereka mempunyai kepribadian yang simpel dan praktis. Mereka menampilkan kehidupan bukan hanya berdasarkan pada apa yang mereka butuhkan dan bukan hanya keinginan semata.

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!