Mendaftar NPWP dengan Mudah Secara Online

233

redaksi.co.id – Mendaftar NPWP dengan Mudah Secara Online

NPWP adalah Nomor Pokok Wajib Pajak, apakah NPWP wajib dimiliki oleh orang setiap orang. Tentu saja, karena sebagai Warga Negara Indonesia yang baik tentunya harus taat membayar pajak sehingga kartu ini diperlukan bagi setiap WNI yang sudah bekerja. Karena itu kartu ini juga berfungsi sebagai identitas pengenal bagi setiap warga yang memiliki hak dan kewajiban dalam setiap kegiatan yang berhubungan dengan pajak.

NPWP ini biasanya digunakan dalam setiap transaksi kredit bank, kredit barang elektronik dan yang lainnya. Tentu saja pajak yang sudah dibayarkan memiliki efek yang berdampak besar pada kehidupan Anda. Contohnya, ketika Anda ingin pergi ke kantor, ke luar kota, atau ke tempat-tempat lainnya tentunya Anda pasti melewati jalan raya bukan? Jalan raya itu sendiri dibangun dari uang yang Anda berikankepada pemerintah melalui pajak penghasilan yang Anda bayarkan setiap bulan.

Setelah tahu manfaat besar dari membayar pajak tidak ada alasan lagi bukan untuk tidak

Lalu, bagaimana caranya untuk mendaftar sebagai wajib pajak dan mendapatkan kartu NPWP. Dengan segala kecanggihan teknologi sekarang ini Anda bisa mendapatkan NPWP hanya dengan duduk di depan laptop atau computer Anda dan mendaftar NPWP lewat jalur online. Kenapa harus lewat online?

Karenahal ini dapat memudahkan Anda jika tempat tinggal Anda jauh dari domisili yang tercantum di KTP Anda. Contohnya, jika Anda saat ini bekerja di Jakarta dan Anda menyewa kontrakan atau kos-kosan di daerah sekitar tempat kerja Anda. Namun, KTP Anda masih KTP daerah Serang, tentunya Anda harus mengurus NPWP tersebut di KPP tempat Anda tinggal. Selain memakan waktu hal tersebut juga melelahkan karena mau tidak mau Anda harus mengurus NPWP sesuai domisili KTP Anda.

Untuk itulah Dirjen Pajak memberi kemudahan bagi Anda untuk mengurus NPWP secara online melalui situs www.pajak.go.id. Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk mendaftar NPWP secara online:

Menyiapkan Dokumenviawww.usnews.com

Berikut ini adalah dokumen yang perlu Anda persiapkan untuk membuat NPWP secara online:

Jika seluruh dokumen yang dibutuhkan sudah dipersiapkan lansung saja mendaftar online dengan langkah-langkah sebagai berikut :

Contoh Form Permohonan NPWP viaereg.pajak.go.id

Setelah aktivasi berhasil Anda bisa login dengan memasukkan email dan password yang telah Anda buat tadi. Login ke akun Anda melalui link yang terdapat pada email yang dikirim oleh dirjen pajak sebagai bentuk konfirmasi aktifasi. Setelah login Anda tinggal mengisi formulir pendaftaran yang ada di laman tersebut dengan lengkap.

Jika sudah Anda isi dengan lengkap, Anda tinggal klik tombol daftar dan formulir tersebut otomatis terkirim ke KPP tempat Wajib Pajak Terdaftar. Lalu ikuti langkah berikutnya sebagai berikut:

Contoh Email Permohonan Pengajuan NPWP diterima via Gmail.com

Setelah semua langkah diatas, hal selanjutnya adalah Anda tinggal menunggu, apakah pengajuan permohonan NPWP Anda diterima atau ditolak. Anda bisa cek melalui email atau bisa dicek di history pendaftaran aplikasi e-Registration tersebut. Biasanya jika pendaftaran berlangsung tanpa kendala, kartu NPWP sudah dikirim ke alamat Anda dalam waktu kurang lebih 14 hari.

Bagaimana, mudah bukan untuk membuat kartu NPWP secara online. Tentunya banyak sekali yang bisa Anda peroleh dan juga tentunya memiliki NPWP merupakan hal yang wajib bagi Warga Negara Indonesia yang baik. Jadi, tunggu apa lagi?

(red//ainuddin/MZ)

loading...

Comments

comments!