e-Billing Pajak: Cara Bayar Pajak Secara Online yang Praktis

344

redaksi.co.id – e-Billing Pajak: Cara Bayar Pajak Secara Online yang Praktis

Pajak yang dibayarkan masyarakat adalah sumber utama pemasukan anggaran untuk pembangunan nasional. Target pajak Pemerintah dibuat dan harus terpenuhi demi kelancaran pembangunan negara yang terus-menerus dilakukan. Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ada beberapa macam pajak yang harus dibayarkan, di antaranya pajak penghasilan, pajak bumi dan bangunan, serta jenis-jenis pajak lainnya yang sudah diatur Pemerintah. Membayarpajak tepat waktu merupakan wujud peran aktif masyarakat dalam membangun Negara.

Pajak viadaotaoketoanhcm.com

Belakangan ini ramai sekali pemberitaan mengenai alias pengampunan pajak bagi wajib pajak yang menunggak. Jumlahnya sangat besar sekaligus membuktikan bahwa hingga saat ini masih cukup banyak warga negara yang belum taat dalam membayar pajak. Yang bisa disebabkan kurangnya atau minimnya informasi akan manfaat dari pajak yang dibayarkan.

Pajak merupakan salah satu sumber utama pendapatan negara yang digunakan untuk beberapa hal. Berikut ini adalah manfaat pajak yang akan kami informasikan secara lengkap.

Dengan membayar pajak secara benar dan sesuai dengan aturan, kita akan mendapatkan manfaat yang telah dijelaskan di atas. Kita akan mendapatkan manfaat, seperti fasilitas umum dan infrastruktur (jalan, sekolah, dan jembatan), pertahanan dan keamanan (senjata, pelatihan), subsidi akan pangan dan bahan bakar minyak, lingkungan hidup yang lebih baik, transportasi massal, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Banyak fasilitas yang diberikan Pemerintah untuk memudahkan wajib pajak dalam proses membayar pajak. Salah satu cara untuk membayar pajak saat ini adalah dengan melakukan pembayaran pajak secara online. Hal ini bisa mempermudah masyarakat umum, terutama mereka yang tidak memiliki cukup waktu luang untuk mengurus pembayaran pajak di kantor pajak.

Menurut Direktorat Jenderal Pajak (DJP), e-Billing pajak merupakan sistem pembayaran pajak secara elektronik dengan cara membuat kode billing atau ID billing sebagai cara untuk membayar pajak. e-Billing sendiri adalah sistem baru yang menggantikan sistem pembayaran lama yang dilakukan secara manual yang menggunakan media Surat Setoran Pajak (SPP).

Sistem yang baru ini mulai difungsikan secara resmi pada 1 Januari 2016 dan sudah secara penuh berfungsi hingga sekarang. Saat ini sistem e-Billing perlahan akan menggantikan sistem manual sehingga kantor pajak tidak akan lagi melayani pembayaran pajak secara manual. Karena itu, pengetahuan akan cara membayar pajak online mutlak untuk diketahui.

Dengan menggunakan e-Billing Pajak, banyak manfaat yang bisa didapatkan, antara lain:

Konsultasi Pajak via peluangusahaterbaruku.com

Terdapat dua tahapan yang harus dilalui para wajib pajak jika ingin membayar pajak menggunakan e-Billing Pajak. Caranya dengan pembuatan kode billing atau ID Billing. Setelah itu, lakukan proses bayar pajak online.

1. Pembuatan Kode Billing/ID Billing

Pembuatan kode billing atau ID Billing bisa dilakukan dengan tujuh cara, antara lain:

2.Bayar Pajak Online

Setelah membuat kode Billing dengan berbagai metode di atas, selanjutnya lakukan pembayaran melalui:

Bayar Pajak Online adalah metode baru dalam membayar pajak yang dilakukan secara online dan real time. Pembayaran dengan cara ini jauh lebih baik dan lebih simpel serta lebih fleksibel. Para wajib pajak tidak perlu lagi mengantre berjam-jam di bank ataupun kantor pajak. Saat ini semuanya bisa dilakukan di depan komputer di mana pun Anda berada.

Berikut ini tahapan-tahapan yang mesti Anda lakukan.

1. Daftarkan Perusahaan Anda di OnlinePajak. Sebelum menggunakan sistem e-Billing Pajak melalui ASP OnlinePajak, Anda diharuskan untuk mendaftarkan perusahaan dan mengisi secara lengkap profil perusahaan, termasuk (NPWP).

2. Buat ID Billing di ASP OnlinePajak. Ada dua cara untuk membuat ID Billing di OnlinePajak:

Untuk diketahui, ID Billing yang telah dibuat hanya berlaku selama 7 hari. Jika setelah 7 hari pajak belum dibayarkan, Anda harus membuat ID Billing yang baru.

3. Manfaatkan ID Billing untuk bayar pajak secara online. Caranya:

Dengan fitur e-Billing atau bayar pajak online, kegiatan membayar pajak sudah bukan lagi hal yang melelahkan dan bertele-tele. Cara bayar pajak online menjadi mudah dan bisa dilakukan sendiri. Namun, apabila masih bingung dengan cara membayar pajak online, Anda bisa menghubungi customer serviceatau bertanya di situs online-pajak.com.

(red/hmad/yaiku/AS)

loading...

Comments

comments!