Jusuf Kalla: Menteri ESDM yang Baru dari Kalangan Profesional

85

redaksi.co.id – Jusuf Kalla: Menteri ESDM yang Baru dari Kalangan Profesional

Pemerintah dalam waktu dekat akan menunjuk seorang profesional untuk menjabat sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) definitif.

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mengatakan calon menteri tidak akan diambil dari kalangan politisi.

Kepada wartawan di Kantor Wakil Presiden RI, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2016), Jusuf Kalla mengatakan bahwa sang menteri akan diambil dari kalangan profesional seperti layaknya Menteri Keuangan, Menteri Pertanian dan Menteri Pekerjaan Umum-Perumahan Rakyat.

“Karena kita tidak ingin ada masalah konflik kepentingan,” ujar Jusuf Kalla.

Posisi Menteri ESDM saat ini untuk sementara dijabat oleh Luhut B. Panjaitan, yang juga menjabat sebagai Menteri Kordinator (Menko) bidang Kemaritiman.

Luhut menjabat posisi tersebut sejak Agustus lalu, setelah Presiden Joko Widodo mencopot Arcandra Tahar karena masalah dwikewarganegaraan.

Menjelang penunjukan menteri ESDM definitif oleh Presiden, sejumlah nama digadang-gadang untuk mengisi posisi tersebut, mulai dari Arcadra yang status kewarganegaraannya sudah dipulihkan hingga Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto.

Soal nama-nama yang tengah digadang-gadang itu, Jusuf Kalla tidak mau mengklarifiksai apakah dari nama-nama yang beredar saat ini salah satunya adalah orang yang diincar oleh pemerintah untuk menjabat sebagai Menteri ESDM.

Wakil Presiden meminta semua pihak untuk bersabar.

“Tunggu sajalah,” ujarnya.

(red/ambertus/usi/urek/LLH)

loading...

Comments

comments!