Rahasia Floridina Menguasai Pasar Jus Jeruk

redaksi.co.id - Rahasia Floridina Menguasai Pasar Jus Jeruk Persaingan memperebutkan segmen minuman rasa jeruk tak pernah sepi. Salah satu pemain di bisnis itu adalah Floridina. Produk...

18 0

redaksi.co.id – Rahasia Floridina Menguasai Pasar Jus Jeruk

Persaingan memperebutkan segmen minuman rasa jeruk tak pernah sepi. Salah satu pemain di bisnis itu adalah Floridina. Produk keluaran Wings Group adalah penguasa pasarnya. Sejak lahir 2011, minuman produksi PT Wings Food ini tumbuh pesat dengan target pasar anak muda dan yang beranjak dewasa. Belakangan, mereka juga merambah pasar keluarga.

Bahkan, mereka mengalahkan Pulpy Orang keluaran dari Minute Maid yang di Indonesia hak edarnya dipegang oleh grup Coca Cola. Dari data Nielsen, Floridina saat ini menjadi market leader dengan penguasaan pasar 35% di kategori jus.

Disusul, Minute Maid. Pertumbuhan pasar Floridina saat ini rata-rata 14%, jauh di atas rata-rata pasar . Dengan BCL (Bunga Citra Lestari) dan konsep iklan yang lebih premium, kami mendapat ekstra customer. Caranya dengan membuat rute komunikasinya secara berkesinambungan dalam brand story, kata Aristo Kristandyo, Group Head Marketing Beverages PT Wings Food.

Menurut dia, misi membuat dan menambah besar ukuran customer juga memiliki konsekuensi tersendiri. Dengan semakin besar pasar, distribusi juga harus diperkuat agar konsumen mudah mendapatkan produk favoritnya. Karakteristik konsumen yang masuk modern market, 40% membeli makanan dan minuman. Loyalitasnya hampir tidak ada. Jadi, ketersediaan merupakan hal yang paling krusial.

Kalau mereka lihat, mereka akan ingat iklan TV dan slogan yang kami buat, kata dia. Untuk branding , lanjut dia, tak bisa jauh dari anak muda usia 18-24 tahun. Golongan tersebut lebih suka yang bercerita, konten, dan storytelling. Oleh karenanya, Floridina digagas tidak hanya untuk kanal tradisonal, tetapi juga modern. Contohnya, kampanye Floridina Original Games.

Ini upaya kami membuat pendekatan dengan konsumen dalam bentuk web series. Sekarang, sudah masuk episode ke-13. Pemilihan media channel inilah yang kami pertimbangkan, katanya. Untuk memperbesar merek, menurut Aristo, kuncinya adalah jeli melihat tren. Saat banyak merek menciptakan konten yang menarik, gamification adalah kuncinya. Konsumen harus merasa terlibat agar terjadi konversi aktivitas hingga mereka melakukan pembelian.

Tak hanya postingan yang menarik, kemudian gamification seperti lomba menulis, dapat hadiah, foto, dapat hadiah. Sekarang, masuk web series. Kami harus cepat bertindak agar tidak hanya jadi follower, katanya.

Untuk itulah, Wings Food memiliki tim yang solid untuk menjaga hubungan baik dengan komunitas, termasuk media. Setidaknya, hubungan yang solid mampu memunculkan ide segar untuk membaut konten baru yang menarik. Untuk lebih engage dengan komunitas, bisa dalam bentuk program CSR, pelatihan digital, workshop, dan lainnnya, ujar dia.

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!