5 Negara Terkaya di Dunia, Mana Saja?

redaksi.co.id - 5 Negara Terkaya di Dunia, Mana Saja? Kehadiran para miliarder di dunia kini semakin bertambah dari tahun ke tahun. Bahkan, beberapa pengamat keuangan dunia...

52 0

redaksi.co.id – 5 Negara Terkaya di Dunia, Mana Saja?

Kehadiran para miliarder di dunia kini semakin bertambah dari tahun ke tahun. Bahkan, beberapa pengamat keuangan dunia mengatakan bahwa kekayaan di dunia di beberapa tahun mendatang hanya akan dikuasai oleh beberapa orang saja, yang tentu saja orang tersebut adalah orang-orang yang saat ini menyandang gelar miliarder.

Bahkan, kekayaan sebuah negara pun bisa terbilang sebagai negara kaya hanya dipengaruhi oleh beberapa orang saja yang menyandang gelar sebagai miliarder. Bukan dari kekayaan negara, melainkan kekayaan pribadi itulah yang bahkan sudah bisa membantu mengangkat negara kaya di dunia.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa informasi perihal 5 negara terkaya di dunia berdasarkan produk domestik bruto (PDB) per kapita masing-masing seperti dikutip dari Cermati.com, Selasa (4/10/2016):

1. Qatar

Qatar adalah negara yang dikenal sebagai penghasil dan penyuplai minyak bumi terbesar di dunia. Bahkan, pendapatan negaraQatar ini, 70persennya dihasilkan dari minyak bumi. Hal inilah yang membuat pendapatan per kapita dari negara ini bisa mencapai US$ 140.649 tahun ini.

Dengan angka sebesar itu, wajar saja Qatar bisa dibilang sebagai negara terkaya di dunia saat ini. Terlebih lagi, kini Qatar mulai meningkatkan kualitas negaranya dengan memperbanyak tempat-tempat wisata bintang lima, dengan tujuan untuk memancing wisatawan kaya datang ke negara mereka.

Qatar pun kini sudah semakin berani untuk memamerkan negaranya dan siap bersaing dengan negara lainnya. Salah satu buktinya adalah di mana Qatar berhasil terpilih sebagai tuan rumah pada ajang Piala Dunia tahun 2022 nanti.

2.Luxembourg

Mungkin untuk beberapa dari Anda masih asing dengan negara yang satu ini. Namun, faktanya namun faktanya PDB yang dimiliki negara ini berada pada peringkat ke dua di dunia. Hal ini disebabkan oleh industri keuangan yang sangat berkembang di negara yang satu ini.

Selain itu, negara ini pun memiliki peraturan yang cukup ketat terkait hal yang berhubungan dengan fiskal dan juga perindustrian, terutama industri baja. Industri baja inilah yang membuat PDB negara ini bisa menembus peringkat kedua dunia.

3. Singapura

Negara lainnya yang menembus 5 besar negara terkaya di dunia adalah Singapura. Singapura adalah Negara kecil yang berada di Asia Tenggara. Walaupun wilayah Negara ini terbilang sangatlah kecil, ternyata Negara ini memiliki PDB yang sangat besar.

Ada 3 faktor yang mempengaruhi pergerakan ekonomi dalam negara ini, yaitu jasa keuangan, ekspor kimia, dan juga kebijakan pada perekonomian liberal yang mereka miliki.

Adapun, Singapura pun memiliki beberapa tempat wisata yang terbilang cukup eksklusif apabila dibandingkan dengan Negara lainnya di dunia. Oleh karena itu, banyak pula pendapatan yang didapatkan Negara ini dari bidang pariwisata dan pelabuhan mereka pun cukup sibuk didatangi para wisatawan asing.

4. Kuwait

Negara pada urutan keempat adalah Kuwait. Hampir sama dengan Qatar, minyak bumi menjadi modal besar dari Negara ini dalam mengembangkan perekonomian Negara tersebut. Adapun PDB dari negara kecil ini sudah menembus angka US$ 73.246.

5. Brunei Darussalam

Sangat sulit untuk dipercaya bahwa Negara yang satu ini bisa masuk daftar 5 negara terkaya di dunia. Pasalnya, dilihat dari luas wilayah, negara ini bisa terbilang menjadi salah satu Negara terkecil di dunia. Namun, gas dan minyak bumi menjadi senjata andalan mereka dalam mengembangkan perekonomian negara mereka.

Akan tetapi, dalam negara ini, sepertinya gas dan minyak bumi tidak akan cukup digunakan sebagai senjata dalam mengembangkan perekonomian mereka.

Oleh karena itu, Brunei Darussalam pun sudah mulai mengembangkan beberapa sektor lainnya apabila penghasilan dari gas dan minyak bumi negara mereka mulai menurun karena bahan baku yang mulai menurun.

(red/ovi/riawan/NT)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!