Arcandra Tahar Calon Kuat Menteri ESDM

redaksi.co.id - Arcandra Tahar Calon Kuat Menteri ESDM Presiden Joko Widodo (Jokowi) didesak segera mengumumkan nama MenteriEnergi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Dari sejumlah nama yangberedar,...

47 0

redaksi.co.id – Arcandra Tahar Calon Kuat Menteri ESDM

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didesak segera mengumumkan nama MenteriEnergi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Dari sejumlah nama yangberedar, Arcandra Tahar masih paling kuat diusulkan di kalangan Istanauntuk kembali memimpin Kementerian ESDM, setelah tersandung kasus dwikewarganegaraan.

“Memang ada yang mengusulkanArcandra kembali, aktivis (pengamat)perminyakan. Tapi nama yang paling kuat Arcandra,” kata Ketua Tim AhliWakil Presiden (Wapres), Sofjan Wanandi saat dihubungi Liputan6.com,Jakarta, Selasa (4/10/2016).

Saat dikonfirmasi lebih jauh, Sofjan enggan membocorkan nama-nama yangmasuk dalam bursa calon Menteri ESDM. Ia menyerahkan sepenuhnyakeputusan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) karena Indonesia harussegera memiliki Menteri ESDM definitif.

“Menteri ESDM definitif mendesak, terlalu lama (kosong) juga tidakbaik. Tapi tergantung Presiden, terserah Presiden mau memilih siapa,”jelas Sofjan.

Sebelumnya, mantan Menteri Perindustrian era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono, Fahmi Idris, berharap Presiden Jokowi kembali memilih ArcandraTahar sebagai Menteri ESDM.

“Pengelolaan sumber daya energi kita itu membutuhkan pemikiran yang sangat strategis. Bagaimana pun krisis energi akan kita hadapi. Krisis energi ini bisa menekankan kehidupan. Tahap ini tidak saja membutuhkan teknis ekonomi, tapi membutuhkan pikiran teknis strategis jangka panjang,” ucap Fahmi kepada Liputan6.com, Selasa (27/9/2016).

Menurut dia, Menteri ESDM sebelumnya, Sudirman Said, telah menjalankan tugasnya dengan lebih menekankan pada teknis ekonomi. Karena itu, saat ini dibutuhkan orang yang mempunyai teknis strategi.

“Saudara ArcandraTahar mempunyai kemampuan itu. Karenanya, mengangkatnya ke posisi semula (Menteri ESDM), tepat sekali,” kata politikus senior Golkar itu. (Fik/Gdn)

(red/ambertus/usi/urek/LLH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!