10 Kesalahan Pengguna Kartu Kredit

redaksi.co.id - 10 Kesalahan Pengguna Kartu Kredit Siapa sih yang gak kenal kartu kredit? Sudah jadi rahasia publik kalau kartu kredit adalah gaya hidup orang-orang modern...

14 0

redaksi.co.id – 10 Kesalahan Pengguna Kartu Kredit

Siapa sih yang gak kenal kartu kredit? Sudah jadi rahasia publik kalau kartu kredit adalah gaya hidup orang-orang modern di Indonesia. Ngetrend, happening, gaul. Praktis pastinya, gak perlu rempong bawa banyak uang cash, cukup gesek, gesek dan gesek.

Tapi, bukan berarti kartu kredit gak bisa merugikan secara finansial bahkan bangkrut loh. Buat pengguna kartu kredit simak nih 10 kesalahan yang bisa bikin bangkrut.

Kepemilikan kartu kredit sudah diatur loh oleh pemerintah Indonesia, jadi gak bisa kayak koleksi. Semisal, mereka yang berpenghasilan di bawah Rp 10 juta per bulan, maksimal hanya boleh punya 2 kartu kredit.

Kartu kredit itu ada komponen tanggal jatuh tempo, limit, denda dan biaya lain. Punya lebih dari 1 kartu kredit pasti harus pandai-pandai atur, apalagi kalau keduanya digunakan secara rutin.

Jadi sebisa mungkin dalam 1 keluarga, jangan lebih dari 3 kartu. Sebenarnya 2 kartu saja sudah cukup, yaitu 1 untuk suami dan 1 untuk istri.

Kamu tahu gak kalau ada biaya-biaya printilan dalam kartu kredit? Mulai dari biaya administrasi, denda kalau telat bayar, denda kalau over limit termasuk kurs kalau menggunakan kartu kredit di luar negeri.

Dan masih ada biaya lainnya. Nah, kalau mau tahu, langsung segera hubungi bank penerbit kartu kredit kamu deh.

Pengguna kartu kredit wajib tahu kalau setiap kartu kredit punya ekstra bonus dan manfaat tambahan.

Ada kartu kredit spesial buat yang suka traveling. Buat yang rutin belanja bulanan, belanja fashion, makan di kafe sampai buat yang suka nonton di bioskop juga ada.

Pilih kartu kredit yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan kita. Semisal nih, kalau jarang bepergian ya jangan pilih kartu kredit traveling.

Kesalahan selanjutnya adalah gegabah menentukan limit kartu kredit. Sering dengar soal banyak orang berbohong ketika ditanya mengenai data penghasilan kan? Tujuannya agar mendapatkan limit kartu kredit yang besar. Kalau limit kartu kredit mencapai 80% penghasilan kita, harus ekstra hati-hati tuh.

Semisal, seseorang memiliki penghasilan bulanan Rp 10 juta dan limit kartu kredit yang diberikan mencapai Rp 8 juta. Maka orang tersebut perlu berhati-hati dan mengontrol diri saat menggunakan kartu kredit, termasuk saat melakukan transaksi cicilan.

Kesalahan yang biasa dilakukan pengguna kartu kredit pemula yaitu gak memperhatikan bunga kartu kredit. Seringkali orang hanya ikutan trend apply kartu kredit sana-sini tanpa membandingkan bunga pinjaman kartu kredit.

Memang, rencana kita gak akan menggunakan kartu kredit untuk utang, tapi lebih aman deh jika kita memiliki kartu kredit dengan bunga yang ringan.

Terlambat melakukan pembayaran juga acapkali dilakukan para pengguna kartu kredit. Karena suka menunda atau terlalu banyak kartu kredit sehingga membingungkan. Gunakan deh fitur pengingat di handphone biar gak lupa tanggal jatuh tempo membayar tagihan kartu kredit.

Mulai sekarang cek kembali detail tagihan kartu kredit, karena dengan cara itu kita bisa mengecek ulang pembelanjaan yang sudah dilakukan.

Gak sedikit loh kasus pencurian data kartu kredit yang dilakukan oleh oknum-oknum gak bertanggung jawab. Agar kita gak menjadi korban, jangan malas cek tagihan bulanan kartu kredit.

Kesalahan fatal penggunaan kartu kredit yang dapat membuat seseorang bangkrut adalah membayar minimum tagihan. Dengan membayar minimum tagihan, maka sisa tagihan akan dikenai bunga.

Coba saja hitung, berapa bunga yang dikenakan setiap bulannya. Bunga 2% setiap bulan itu termasuk bunga yang besar loh!

Kalau yang satu ini terkait erat dengan gaya hidup. Semisal, penghasilan Rp 10 juta dan limit kartu kredit Rp 8 juta. Namun bukan berarti bisa memaksimalkan limit kartu kredit sampai dengan Rp 8 juta setiap bulannya loh! Coba aja nekat melakukan hal tersebut, niscaya dalam waktu dekat kita bakal mengalami kesulitan arus kas.

Limit masih sisa banyak dan uang yang masih tersedia bukan alasan untuk membeli barang-barang yang gak dibutuhkan. Belilah barang-barang yang dibutuhkan bukan yang diinginkan. Intinya sih prioritas dalam menggunakan uang.

So, solusi agar kita gak bangkrut gara-gara penggunaan kartu kredit adalah

mengendalikan. Mulai gunakan kartu kredit dengan cara yang bijak, pilih kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan.

Sebisa mungkin apply limit sesuai kemampuan, jangan maksain. Selain itu juga belanja barang-barang yang dibutuhkan, disiplin dalam membayar kartu kredit dan jangan ngutang.

Gunakan kartu kredit untuk membantu pembayaran dan bayar lunas tagihan tepat waktu dan tepat jumlahnya. Dengan begitu kita akan menikmati manfaat dan kemudahan kartu kredit.

(red/aini/J)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!