Daydream View, VR Headset Besutan Google Rp 1 Jutaan

redaksi.co.id - Daydream View, VR Headset Besutan Google Rp 1 Jutaan Rencana Google untuk kian serius di bidang virtual reality (VR) akhirnya benar-benar terbukti. Setelah mengumumkannya...

12 0

redaksi.co.id – Daydream View, VR Headset Besutan Google Rp 1 Jutaan

Rencana Google untuk kian serius di bidang virtual reality (VR) akhirnya benar-benar terbukti. Setelah mengumumkannya pertama kali di gelaran Google I/O, perusahaan itu akhirnya memperkenalkan sistem Daydream bersamaan dengan peluncuran Pixel dan Pixel XL.

Mengutip informasi dari laman The Verge, Rabu (5/10/2016), Google sudah membekali Daydream dengan beragam gim dan konten yang dapat diakses pengguna saat memulai debutnya. Ada lebih dari 50 aplikasi yang sudah disiapkan dan masih ada ribuan aplikasi yang siap menyusul.

Google juga turut memperkenalkan perangkat VR perdananya yang diberi nama Daydream View. Sama seperti perangkat VR lain, headset ini dapat dipakai pengguna untuk mengakses dan merasakan pengalaman konten memakai smartphone.

Bodi Daydream View dibuat dari busa dan kain lembut. Google menyebut, berat perangkat ini hanya 220 gram, yang membuatnya lebih ringan ketimbang perangkat VR lain, seperti Samsung Gear VR.

Bagian depan perangkat ini nantinya akan disangga dengan velcro, yang dapat dilepas dan dicuci. Pengguna nantinya juga dapat membeli jenis tambatan lain yang dijual terpisah.

Headset ini juga sudah mendukung konektivitas NFC. Jadi, platform Daydream akan meluncur secara otomatis setelah ponsel diletakkan di panel depan dan ditutup.

Untuk saat ini, platform Daydream sendiri hanya bisa berjalan di smartphone PIxel dan PIxel XL. Namun kemungkinan Daydream View dapat dipasangkan dengan ponsel lain yang sudah mendukung platform tersebut.

Google turut menyertakan kontroler untuk Daydream View. Sistem navigasi akan dijalankan melalui kontroler ini yang memiliki satu tombol home, satu tombol menu, trackpad yang dapat diklik, tombol pengatur volume, termasuk sensor internal yang dapat mendeteksi gerakan.

Saat peluncuran, headsetdan kontrolerini akan hadir dalam satu warnayang diberi nama Slate. Namun,Google mengungkapkan akan menambah dua warna lagi yakni Snow dan Crimson pada akhir tahun ini.

Rencananya, program pre-order untuk Daydream View di Amerika Serikat akan dimulai pada 20 Oktober 2016. Sementara untuk banderol harga dari headset VR ini adalah US$ 79 atau sekitar Rp 1,02 juta.

(Dam/Isk)

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!