Sumsel Bangun Sirkuit MotoGP, Arsitek Sepang Terlibat

redaksi.co.id - Sumsel Bangun Sirkuit MotoGP, Arsitek Sepang Terlibat Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan provinsinya mendatangkan arsitek sekaligus konsultan ternama asal Jerman, Hermann Tilke, untuk...

17 0

redaksi.co.id – Sumsel Bangun Sirkuit MotoGP, Arsitek Sepang Terlibat

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan provinsinya mendatangkan arsitek sekaligus konsultan ternama asal Jerman, Hermann Tilke, untuk membangun sirkuit MotoGP di Kompleks Olahraga Jakabaring, Palembang.

“Sumsel sangat serius dengan MotoGP, Hermann Tilke ini membangun 16 sirkuit dari total 19 sirkut Formula 1 yang ada,” kata Alex di Palembang, seperti dilansir Antara.

Ia mengatakan konsultan berpengalaman ini sudah mengunjungi Palembang beberapa kali untuk kebutuhan pembuatan desain sirkuit. Tilke terlibat dalam pembangunan sejumlah sirkuit ternama dunia seperti, Yas Marina (UEA), Istanbul Park (Turki), Bahrain International Circuit, Sepang International Circuit (Malaysia), Sirkuit Jalanan Marina Bay (Singapura), dan yang lainnya.

“Hermann Tilke ke Palembang sudah survei lokasi yang telah ditetapkan, yakni di dekat danau ski air dengan luas lahan yang disediakan seluas 120 hektare. Ia minta empat akses transportasi dan itu sudah terpenuhi semua karena ada pembangunan Light Rail Transit,” kata dia.

Ia mengemukakan sementara ini terdapat dua calon investor yang berkeinginan membangun sirkuit tersebut.

“Jika terjalin kesepakatan dengan salah satu investor ini, diharapkan dapat langsung dikerjakan mengingat proses diperkirakan memakan waktu hingga 16 bulan, sementara MotoGP Indonesia akan berlangsung pada satu bulan setelah Asian Games 2018,” kata dia.

Pemprov Sumsel sudah membuat perencanaan terkait pembangunan sirkuit ini yakni mengerjakan pekerjaan fisik pada 2017.

Herman Tilke merupakan desainer sirkuit berpengalaman yang sudah dipercaya oleh Dorna Sport. Tilke telah merancang 18 dari 21 sirkuit MotoGP serta 16 dari 19 sirkuit Formula 1 yang ada di seluruh dunia.

Sebelumnya, Kementerian Pemuda dan Olahraga memutuskan Kota Palembang menjadi tuan rumah balapan MotoGP. Namun penyelenggaraannya mundur dari 2017 ke 2018.

Kota Palembang dipilih karena Sirkuit Sentul Jakarta yang menjadi pilihan pertama tidak siap secara anggaran.

Menurut Alex, Sumsel bersedia membangun sirkuit ini karena nantinya seri Formula 1 akan diselenggarakan secara rutin di Palembang, begitu pula dengan pertandingan untuk level dibawahnya sehingga daerah ini akan mendapatkan manfaat lebih dari berbagai sektor, pariwisata, ekonomi kreatif, dan lainnya.

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!