Hindari Malware Berbahaya di Android Dengan 4 Cara Ini

35

redaksi.co.id – Hindari Malware Berbahaya di Android Dengan 4 Cara Ini

Layaknya manusia, smartphone Androidpun bisa ‘sakit’ bilamana dijangkiti malwareyang secara tak sengaja ketika kamu mengunduhaplikasi pihak ketiga yang tak jelas.

Tanpa sepengetahuan kamu, malwareyang tertanam di smartphoneakhirnya memberikan akses tanpa batas kepada pembuatnya untuk mengeksploitasi perangkat kamu.

Lalu bagaimana cara mengantisipasi hal tersebut menimpa kamu?Berikut adalah beberapa tipsyang tim Tekno Liputan6.comrangkum dari berbagai sumber untuk kamu coba.

1. Perhatikan Akses PermissionAplikasi

Hanya karena diunduh dari GooglePlayStorebukan berarti aplikasi tersebut aman dari malwareatauspyware. Karena mudahnya ‘memajang’ hasil karya aplikasi di GooglePlayStore, tak sedikit pengembang aplikasi nakal memanfaatkan hal tersebut dengan menanamkan malwaredan spyware.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu harus teliti saat memberikan accesspermissionsaat menginstal aplikasi. Jika terdapat permintaan izin ke tool yang mencurigakan, ada baiknya kamu tidak meneruskan proses instal aplikasi tersebut.

2. Update Versi AntivirusTerkini

Dengan ribuan aplikasi antivirusyang ada di GooglePlayStore, maka yang paling tepat untuk kamu? Pilihan terbaik adalah untuk selalu menggunakan antivirusbuatan vendor ternama seperti AVG, Avast, Norton, atauKaspersky.

Jangan coba-coba untuk mengunduhaplikasi antivirusgratisan, selainrentan masalah, aplikasi tersebut biasanya sudah tertanam malwaredan spywareyang berbahaya.

3. Hati-hati Saat AksesWiFi Publik

4. Update Sistem Operasi Anda

Selamat mencoba!

(Msu/Ysl)

(red/ainin/adziroh/LN)

loading...

Comments

comments!