Kasus Perampokan Kim Kardashian Jadi Surga Bagi Scammer

62

redaksi.co.id – Kasus Perampokan Kim Kardashian Jadi Surga Bagi Scammer

Pada Senin pagi (3/10/2016), waktu setempat, juru bicara Kim Kardashian-West dan pihak berwenang Paris mengumumkan bahwa Kim telah dirampok dengan todongan senjata di apartemen pribadinya di Paris.

Di saat berita ini mulai menjadi tren di media sosial, inilah waktu yang tepat untuk mengingat bahwa berita yang populer juga merupakan surga bagi scammer, memanfaatkan tingginya minat masyarakat untuk menarik mereka agar mengklik tautan.

Faktanya, dalam 24 jam pertama setelah kejadian tersebut diinformasikan ke publik, Norton mencatat kenaikan sebesar 2.400 penipuan pada spam dan penipuan yang berkaitan dengan Kim Kardashian.

Untuk menghasilkan uang–mencuri informasi pribadi atau melakukan perusakan–penyerang menggunakan taktik rekayasa sosial, memanfaatkan kejadian terkini sebagai pancingan untuk bermain dengan emosi orang dan menarik perhatian.

Akibatnya, hampir seratus variasi subjek berbeda terlihat dalam pesan spamdengan nama Kardashian, termasuk Breaking News dan Photos of di baris subjek. Mayoritas pesan yang dilacak Norton adalah dalam bahasa Inggris, Prancis, dan Jerman.

Untuk menangkal hal tersebut, penyedia software antivirus, Norton, Rabu (5/10/2016), memberikan tips untuk tetap aman dari penipuan rekayasa sosial:

(Isk/Ysl)

(red/usland/argarito/RM)

loading...

Comments

comments!