Rahasia 4 Pria Tertua Sedunia: Whiskey, Perempuan, hingga Sabar

redaksi.co.id - Rahasia 4 Pria Tertua Sedunia: Whiskey, Perempuan, hingga Sabar Menghabiskan waktu sepanjang 113 tahun dan 14 hari di Bumi membuat Henry Allingham memecahkan rekor...

12 0

redaksi.co.id – Rahasia 4 Pria Tertua Sedunia: Whiskey, Perempuan, hingga Sabar

Menghabiskan waktu sepanjang 113 tahun dan 14 hari di Bumi membuat Henry Allingham memecahkan rekor sebagai pria tertua sedunia.

Ia adalah satu dari tiga pria Inggris yang masih hidup dan pernah secara aktif sebagai pejuang di Perang Dunia Pertama. Allingham adalah salah satu pendiri Royal Air Force yang masih hidup.

Dengan usianya yang melewati satu abad, ia memegang rekor sebagai pria tertua di Eropa menggantikan rekor John Evans, mantan penggali tambang dari Welsh yang meninggal pada tahun 1990 di usia 112 tahun dan 295 hari.

Dilansir Liputan6.com dari artikel lawas The Independent, bahwa pada 20 Juni 2009, Allingham diberi tahu oleh staf rumah jompo St Dunstan kalau ia adalah pria tertua di Eropa.

Adapun pria tertua sedunia yang meninggal tahun 2007 di usia 113 dan 274 hari, Tomoji Tanabe dari Jepang membocorkan rahasianya bahwa ia menghindari alkohol dan rokok selama hidupnya. Hal itu berbeda dengan Allingham yang mengatakan justru itulah rahasia umur panjangnya.

“Rokok, whisky dan perempuan liar adalah rahasia usia panjangku,” kata Allingham yang lahir pada tahun 1896.

Meski pernah menjadi prajurit aktif dan salah satu pendiri Angkatan Udara Inggris, Allingham membenci perang.

“Perang itu bodoh. Tak ada yang menang,” katanya pada suatu kesempatan.

Setelah dinobatkan menjadi pria tertua di Eropa, sebulan kemudian ia dinobatkan menjadi pria tertua sedunia. Mengalahkan Tanabe.

Namun, tak beberapa lama pada 18 Juli 2009, usia rentanya menyerah. Allingham meninggal dunia.

Pria yang hingga tutup usianya itu memiliki ingatan tajam, mengalami 6 kali pergantian mahkota kerajaan Inggris, dan berusia 67 tahun waktu John F Kennedy tewas, serta 73 tahun kala Neil Armstrong berjalan di Bulan.

Siapa Pria Tertua Sedunia Sekarang?

Setelah Allingham meninggal rekor dipegang oleh Yisrael Kristal. Pria Yahudi itu pernah tinggal di Polandia dan kini menghabiskan sisa umurnya di Israel.

Kristal lahir pada 15 September 1903. Baru beberapa hari lalu, Kristal merayakan perayaan Mitzvah–atau upacara akil baligh pada usia 13 tahun sesuai tradisi Yahudi.

Hal itu terjadi karena saat ia berusia 13 tahun, yaknipada 1916, Perang Dunia I dimulai.

Kristal adalah salah satu tahanan Auschwitz yang berhasil selamat. Namun, istri dan dua anak perempuannya tidak.

Setelah Perang Dunia II berakhir, ia kembali ke Polandia dan menikah lagi. Namun pada 1950, ia kembali ke Haifa, Israel. Demikian dikutip dari NPR.

Kristal dinobatkan sebagai pria tertua oleh Guinness World Records. Ketika ditanya apa rahasianya, ia menjawab, “aku tak tahu apa rahasia berusia panjang. Aku percaya semua ditentukan oleh Tuhan dan kita tak pernah tahu apa rahasianya. Ada banyak pria lebih pintar, kuat dan ganteng dibanding aku, namun usianya tak sepanjang aku. Mungkin karena aku orang yang suka bekerja keras dan membangun apa yang telah hilang.”

Kini, Kristal tinggal di Haifa di rumahnya sendiri bersama seorang pembantu rumah tangga. Ingatannya masih tajam.

Sementara itu, di Indonesia, Mbah Gothomengaku sebagai pria tertua sedunia. Ia mengklaim berusia 146 tahun.

Ketika ditanya oleh Liputan6.com apa rahasianya, mbah Gotho asal Sragen menjawab, “rahasianya cuma sabar lan nrimo.”

Kendati demikian, Mbah Gotho memiliki satu keinginan, yaitu meninggal dunia…

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!