5 Usaha Sampingan Anak Muda

redaksi.co.id - 5 Usaha Sampingan Anak Muda Jadi anak muda zaman sekarang mesti kreatif dong. Kerja sambil punya usaha sampingan kenapa gak? Lima sampai sepuluh tahun...

47 0

redaksi.co.id – 5 Usaha Sampingan Anak Muda

Jadi anak muda zaman sekarang mesti kreatif dong. Kerja sambil punya usaha sampingan kenapa gak?

Lima sampai sepuluh tahun yang lalu, mungkin berbisnis jauh lebih sulit. Sekarang berbisnis lebih mudah, lebih fleksibel waktu dan uangnya jauh lebih banyak.

Buat karyawan kantoran dan mahasiswa yang sebentar lagi masuk dunia kerja, simak nih 5 usaha sampingan yang bisa dilirik.

1. Blogger dan Keuntungan dari Website

Banyak sekali keuntungan yang bisa didapat dari menjadi blogger. Mulai dari penghasilan dari iklan, jualan produk digital, afiliasi produk dan lainnya. Sebagai informasi aja nih, keuntungan seorang blogger bisa mencapai Rp 10 juta per bulan bahkan lebih.

Contoh aja tuh blogger yang sudah jalan di Amerika, SmartPassiveIncome.com. Mengenai modal, sebenarnya blog bisa dijalankan mulai dari blog gratisan sampai dengan yang bermodal di Rp 8 juta (sudah dengan fitur lengkap dan menarik).

Penasaran gak sih dengan penghasilan dari seorang vlogger? Saat ini banyak orang yang menerjuni usaha sampingan anak muda sebagai vlogger profesional ya.

Untuk menjadi seorang vlogger, kita membutuhkan akun YouTube (gratis), seperangkat alat merekam (bisa sewa) dan skill editing.

3. Trading Saham [Bukan Investasi, Bukan Gambling]

Jangan takut untuk terjun ke trading saham dan jadi professional trader. Di Indonesia mungkin bisnis sebagai professional trader masih belum familiar ya.

Buat kamu yang mau menekuni usaha sampingan anak muda ini, perlu belajar lebih dalam mengenai teknik-teknik trading, yang jelas gak ada kata instan dan cepat. Silahkan baca buku Trading for a Living dari Dr. Alexander Elder sebagai referensi.

Informasi tambahan nih, untuk modal trading

saham di Indonesia dibutuhkan uang sebesar Rp 10 juta. Keuntungan yang bisa diraup sebesar 10% per bulan untuk seorang professional trader terbilang realistis.

Usaha sampingan anak muda yang paling ramai dan modal hampir gratis adalah bisnis reseller atau dropshipper. Kita dapat menjual gambar produk-produk cukup dengan akun media sosial.

Kita bahkan bisa berjualan di website-website seperti Tokopedia dan BukaLapak.com. Bisnis reseller dan dropshipper keuntungannya beragam mulai dari yang receh hingga jutaan, tergantung produk yang dijual kembali.

Eits walaupun untung receh tapi pembelinya banyak dan konsisten loh. Kita juga gak perlu mengeluarkan modal untuk stok barang. Jadi sebenarnya ROI (return on investment) bisnis reseller dan dropshipper adalah yang paling besar.

Ada lagi nih, menjadi tutor atau guru online atau menjadi freelancer. Di Indonesia ada banyak sekali website yang menyediakan tempat untuk menjadi tutor online, seperti RuangGuru.com atau tutor.co.id.

Sudah familiar dengan freelance kan? Kita akan bekerja sebagai pekerja lepas untuk menyelesaikan beberapa proyek. Ada beberapa jasa website freelance di Indonesia seperti Sribu.com, Sribulancer.com atau Projects.co.id. Untuk website luar negeri ada upwork.com, envato.com, elance.com dan lainnya.

Keuntungan yang diperoleh dari usaha sampingan ini bisa dimanfaatin buat banyak hal pastinya. Semisal membeli rumah atau apartemen.

Memulai bisnis sejak masih muda bakal mendatangkan banyak keuntungan. Salah satunya adalah kita bisa curi start saat orang lain santai-santai.

Kegagalan adalah sesuatu yang gak terhindarkan dalam berbisnis. Tapi gak ada yang perlu dikhawatirkan, karena fokus utama kita adalah mencari pengalaman. Bukan semata berbisnis.

Mulai dari sekarang dan belajar dari kesalahan. Bersyukurlah jika kita bisa gagal di usia muda, karena kita akan langsung dapat pembelajaran berharga dari kegagalan bisnis. Seperti yang diucapkan oleh bos Starbuck, Jangan takut untuk memulai usaha. Buat rencana, jalankan dan belajar dari kesalahan.

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!