Rompi Pintar Ini Mungkinkan Tunarungu 'Mendengar' Lewat Kulit

redaksi.co.id - Rompi Pintar Ini Mungkinkan Tunarungu 'Mendengar' Lewat Kulit Pakar neurosains dari Stanford David Eagleman mengembangkan rompi pintar yang bisa membuat tunarungu mendengar. Alih-alih melalui...

17 0

redaksi.co.id – Rompi Pintar Ini Mungkinkan Tunarungu 'Mendengar' Lewat Kulit

Pakar neurosains dari Stanford David Eagleman mengembangkan rompi pintar yang bisa membuat tunarungu mendengar. Alih-alih melalui indra pendengaran, tunarungu dimungkinkan ‘mendengar’ lewat kulit.

Dengan kata lain, Eagleman tidak mencoba menggantikan indra yang hilang namun mengarahkannya ke indra lain. Menggunakan prinsip yang sama, ia menambah saluran lain untuk persepsi sensorik dan memperluas realitas indra pendengaran.

“Otak tidak tahu dan tidak peduli dari mana ia mendapatkan data. Telinga Anda bisa menjadi mikrofon, mata Anda kamera digital, dan otak akan tetap menafsirkan sinyal tersebut,” tuturnya.

Substitusi sensorik dan audio itu ia kembangkan dalam proyek bersama mahasiswa pascasarjana Scott Novich dan mahasiswa Rice University. Proyek rompi alias vest itu dinamai VEST, akronim dari Versatile Extra-Sensory Transducer.

Cara kerjanya, suara akan ditangkap oleh mikrofon yang tertanam pada gawai seperti tablet atau ponsel pintar. Suara itu lalu dikompres lewat aplikasi komputasi menjadi data yang dikirimkan ke rompi via bluetooth.

Rompi akan menerjemahkan data menjadi serangkaian pola bergetar yang berbeda berdasarkan frekuensi dari sumber suara. Dengan beberapa pelatihan, penyandang tunarungu yang memakai rompi bakal memahami dunia sonik melalui sensasi sentuhan.

Proyek VEST masih terus berlangsung, namun sejauh ini telah menunjukkan hasil menjanjikan. Seorang penyandang tunarungu berusia 37 tahun yang mengenakannya telah berhasil menerjemahkan dengung di punggung menjadi kata-kata hanya dalam empat hari pelatihan.

(red/uhammad/irmansyah/MF)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!