Rentetan Perilaku Kontroversial Gerard Pique

102

redaksi.co.id – Rentetan Perilaku Kontroversial Gerard Pique

Gerard Piquemembuat keputusan mengejutkan mengenai masa depannya bersama timnas Spanyol. Usai tampil membela La Roja pada laga kualifikasi Piala Dunia 2018 menghadapi Albania, bek yang bermain untuk Barcelona ini mengumumkan kalau dia akan mengundurkan diri dari timnas Spanyol setelah Piala Dunia 2018.

Keputusan ini membuat pendukung Spanyol terbelah. Ada pihak yang menyayangkan keputusan Pique, namun ada juga yang mempertanyakan tingkat nasionalisme sang pemain.

© Bek Barcelona asal Spanyol, Gerard Pique. (AFP/Josep Lago) gerard pique

Bukan rahasia lagi kalau Pique adalah masyarakat Catalunya sejati yang mendukung wilayah tersebut untuk berpisah dari Spanyol.

Pique akan berusia 31 tahun usai Piala Dunia 2018. Usia tersebut masih masuk dalam kategori usia produktif untuk pemain bertahan. Namun tekanan terus menerus yang didapat Pique dari publik Spanyol disinyalir menjadi alasan pengambilan keputusan tersebut.

Berikut aksi-aksi kontroversial Pique yang membuat publik Spanyol geram:

1. Ejekan untuk Kevin Roldan

Kevin Roldan adalah seorang rapper asal Kolombia yang merupakan sahabat dari Cristiano Ronaldo. Saat Barcelona merayakan treble winners pada tahun 2015, Pique melempar ejekan kepada sang rapper dan berterima kasih karena telah membuat Real Madrid berpesta sehingga mengganggu fokus mengejar titel.

Ucapan Pique mendapat reaksi negatif dari para pendukung Los Blancos. Reaksi tersebut pun berlanjut pada laga internasional ketika Spanyol berhadapan dengan Inggris. Para pendukung Spanyol mengejek Pique setiap ia mendapat bola.

2. Menunjukkan Jari Tengah saat Lagu Kebangsaan Spanyol

Ketika Spanyol berhadapan dengan Kroasia pada Piala Eropa 2016, Pique tertangkap kamera menunjukkan jari tengah ketika laga kebangsaan berkumandang. Pique yang diminta konfirmasi menjelaskan gesturnya tersebut melalui akun twitternya.

“Saya hanya menyilangkan jari ketika lagu Spanyol berkumandang. Jangan mencari kontroversi ketika sebenarnya tidak terjadi apa-apa. Mari kita berusaha memenangi Piala Eropa bersama,” jelas Pique ketika itu.

3. Menunduk Ketika Lagu Kebangsaan Spanyol Berkumandang

Karena sejarah yang kurang bagus antara Pique dengan suporter Spanyol, segala tindak tanduk sang pemain ketika membela timnas pun selalu menjadi sorotan. Suatu ketika, Pique memilih menunduk ketika lagu kebangsaan berkumandang. Tingkah sang pemain kembali menjadi gunjingan masyarakat Spanyol dan menambah daftar dosa sang pemain terhadap negara matador tersebut.

4. Mendukung Gerakan Catalunya Merdeka

Pada September 2014, Pique terlihat merayakan parade kemerdekaan wilayah Catalunya. Bersama sang anak, Milan, Pique menggunakan baju dengan warna kebesaran Catalunya. Aksi Pique pun membuat masyarakat Spanyol geram.

5. Memotong Lengan Seragam Timnas Spanyol

Pada laga melawan Albania, Pique menggunakan seragam timnas Spanyol berlengan pendek. Namun setelah dilihat, seragam Pique sedikit berbeda dengan seragam rekannya yang lain, karena tidak ada ada warna bendera Spanyol di ujung lengan seragam.

Aksi ini menuai kecaman dari masyarakat Spanyol. Namun Asosiasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) telah memberikan klarifikasi bahwa Pique tidak melakukan kesalahan apa pun. Karena sebenarnya ia menggunakan seragam lengan panjang yang dimodifikasi dan memang tidak ada warna bendera Spanyol di bagian ujung lengan.

Sumber: Marca

(red/atno/wi/anto/RDS)

loading...

Comments

comments!