Andy Murray Ancam Posisi Djokovic di Ranking ATP Dunia

redaksi.co.id - Andy Murray Ancam Posisi Djokovic di Ranking ATP Dunia Petenis Skotlandia, Andy Murray, terus menjaga ambisi melengserkan Novak Djokovic dari peringkat satu dunia ATP....

21 0

redaksi.co.id – Andy Murray Ancam Posisi Djokovic di Ranking ATP Dunia

Petenis Skotlandia, Andy Murray, terus menjaga ambisi melengserkan Novak Djokovic dari peringkat satu dunia ATP. Poin kedua petenis itu kembali terpangkas setelah Murray menjuarai China Terbuka di Beijing, Minggu (9/10).

Titel China Terbuka direbut Murray berkat kemenangan atas Grigor Dimitrov dengan skor 6-4, 7-6. Di sisi lain, Djokovic yang berstatus juara bertahan absen dari turnamen ini karena mengalami cedera siku.

Absennya Djokovic mendatangkan keuntungan ganda bagi Murray. Petenis nomor dua dunia tersebut berhasil mendulang 500 poin, sedangkan Djokovic harus rela kehilangan jumlah poin yang sama karena tak tampil untuk menpertahkan gelar.

Dengan tambahan ini, Murray total mengoleksi 9.845 poin atau defisit 3.695 poin dari sang rival yang kini mengantongi 13.540. Jika tak segera comeback dan mendulang tambahan poin, posisi Djokovic di ranking satu dunia berpotensi makin terancam.

Namun Djokovic dipastikan tak akan absen lama. Petenis Serbia itu akan kembali beraksi pada pekan ini di ajang Shanghai Master. Jika mampu menjuarai turnamen ini, Djokovic bakal mengamankan statusnya sebagai petenis nomor satu dunia pada akhir tahun.

Yang jelas, Murray akan bertanding di Shanghai Masters dengan optimisme tinggi. Selain menyegel gelar juara di China Terbuka, Murray juga tak kehilangan satu set pun dalam perjalanan menuju tangga juara.

Bagi Murray, gelar di China Terbuka ini menjadi yang ke-40 di sektor tunggal sepanjang karier petenis berusia 29 tahun tersebut. Sementara untuk tahun ini, China Terbuka menjadi gelar kelimanya.

“Ini adalah pekan yang luar biasa bagi saya. Pertandingan final ini merupakan laga dengan level yang amat tinggi,” ujar Murray. “Dimitrov bertarung hingga akhir laga dan benar-benar pertandingan ini sangat sulit untuk diselesaikan dengan dua set langsung,” pungkasnya.

Dimitrov sendiri mengakui ketangguhan Murray di partai final China Terbuka tersebut. “Andy adalah petenis paling luar biasa tahun ini. Dia banyak menang dan sangat percaya diri. Dia jelas tahu bagaimana bergerak dengan bagus di lapangan. Kredit untuk dia,” ujar Dimitrov di situs resmi ATP Tour.(Tribunnews/dod)

Ranking Dunia ATP

1. Novak Djokovic (Serbia) 13.540

2. Andy Murray (Skotlandia) 9.845

3. Stanislas Wawrinka (Swiss) 5.910

4. Kei Nishikori (Jepang) 4.740

5. Rafael Nadal (Spanyol) 4.730

6. Milos Raonic (Kanada) 4.690

7. Roger Federer (Swiss) 3.730

8. Gael Monfils (Prancis) 3.725

9. Tomas Berdych (Rep. Cheska) 3.470

10. Dominic Thiem (Austria) 3.295

(red/udhi/wi/nggoro/YDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!