Begini Rupa Peta Kabel Telekomunikasi Bawah Laut di Dunia

redaksi.co.id - Begini Rupa Peta Kabel Telekomunikasi Bawah Laut di Dunia Kenyataannya, kita berkomunikasi tak hanya mengandalkan jaringan kabel yang terpasang di menara atau tiang, tetapi...

9 0

redaksi.co.id – Begini Rupa Peta Kabel Telekomunikasi Bawah Laut di Dunia

Kenyataannya, kita berkomunikasi tak hanya mengandalkan jaringan kabel yang terpasang di menara atau tiang, tetapi juga di bawah laut.

Namun, pernah kah terbayang di benak Anda seperti rupa bumi jika ada kabel telekomunikasi terpasang di bawah laut?

Sejauh ini memang belum ada peta satelit yang menampilkan hal tersebut. Akan tetapi, peta animasi ini dapat menjadi gambaran.

Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.comdari Business Insider, Senin (10/10/2016), TeleGeographymembuat peta animasi yang menampilkan kabel telekomunikasi bawah laut (submarinecablemap) di seluruh dunia.

Hasilnya, kabel-kabel terpasang sejauh 550.000 mil di bawah laut. Data terakhir TeleGeographymencatat terdapat 321 sistem kabel, baik yang aktif, dalam pengerjaan, maupun yang akan beroperasi pada akhir 2016.

Seluruh kabel bawah laut ini berfungsi untuk mengantarkan trafik internet domestik maupun internasional. Beberapa di antaranya saling terhubung antar satu negara dengan negara lain.

Indonesia juga memiliki sistem kabel telekomunikasi bawah laut. Beberapa di antaranya adalahIndonesia Global Gateway (IGG) System, konsorsium Thailand-Indonesia-Singapore (TIS), XL Bali Lombok Submarine Cable System, danSumatera Bangka Cable System (SBCS).

© Disediakan oleh PT Kreatif Media Karya Peta kabel telekomunikasi bawah laut di Indonesia. (Doc: Submarine Cable Map) TeleGeographysendiri merupakan lembaga riset dan firma konsultan di bidang telekomunikasi. Untukmelihat peta secara utuh, Anda dapat mengunjungi tautan.

(Cas/Why)

(red/hmad/yaiku/AS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!