500 Ribu Lansia Hilang Tiap Tahun di Cina

redaksi.co.id - 500 Ribu Lansia Hilang Tiap Tahun di Cina Laporan terbaru menyebut lebih dari 1.300 lansia hilang per hari di Cina, Rabu (12/10). Per tahun,...

10 0

redaksi.co.id – 500 Ribu Lansia Hilang Tiap Tahun di Cina

Laporan terbaru menyebut lebih dari 1.300 lansia hilang per hari di Cina, Rabu (12/10). Per tahun, jumlah manula hilang mencapai 500 ribu.

Orang tua lanjut usia di Cina dikategorikan berusia 65 tahun ke atas. Menurut Zhongmin Social Assistance Institute, mereka menempati 80 persen kasus orang hilang.

“Ini jumlah yang sangat besar dan menjadi isu sosial yang tidak bisa dikesampingkan,” kata Presiden Zhongmin Institute, Wang Zhikun pada CNN.

Jika diulas lebih lanjut, 25 persen manula hilang didiagnosa menderita alzheimer atau demensia. Sementara 72 persen mengalami masalah lain dengan ingatannya. Dari mereka yang berhasil ditemukan, 25 persennya menghilang lagi.

Menurut data, jumlah manula hilang yang besar ini juga terjadi karena populasi mereka cukup tinggi. Jumlah generasi muda lebih sedikit karena kebijakan satu anak mulai memperlihatkan dampaknya.

Peraturan di Cina mengharuskan orang dewasa merawat orang tua mereka. Banyak orang tua yang anaknya telah meninggal tidak punya lagi sandaran atau orang lain yang merawat.

Masalah ini tambah buruk di area pedesaan dan kota kecil. Pasalnya, anak-anak muda lebih memilih berpindah ke kota lain yang lebih besar sehingga manula orang tua ditinggalkan tanpa perawatan.

Menurut Data Bank Dunia, Cina saat ini menjadi rumah bagi orang-orang tua. Jumlahnya mencapai 114 juta orang. Ini lebih besar dari negara berkembang mana pun.

Sekitar 90 juta orang mulai pensiun dalam tiga dekade selanjutnya. Pada 2030, pemerintah telah memperingatkan Cina akan jadi negara dengan populasi manula terbanyak di dunia.

(red/ijayanto/W)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!