Arcandra Tahar Bakal Jabat Menteri ESDM Lagi?

redaksi.co.id - Arcandra Tahar Bakal Jabat Menteri ESDM Lagi? Nama Arcandra Tahar masuk dalam perhitungan Presiden Joko Widodo.Arcandra disebut-sebut masih berpeluang mengisi kursi Menteri Energi Sumber...

9 0

redaksi.co.id – Arcandra Tahar Bakal Jabat Menteri ESDM Lagi?

Nama Arcandra Tahar masuk dalam perhitungan Presiden Joko Widodo.

Arcandra disebut-sebut masih berpeluang mengisi kursi Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Ada usulan, termasuk Arcandra Tahar,” ujar Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Johan Budi Saptopribowo di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (12/10).

Johan tidak merinci siapa penantang Arcandra untuk mengisi kursi Menteri ESDM. Sejumlah nama telah berada di kantong Presiden Joko Widodo.

“Yang pasti nama-nama sudah ada. Itu masih digodok Presiden,” ujar Johan.

Johan juga tidak mengetahui kapan Presiden akan memutuskan melantik Menteri ESDM yang baru.

Namun, Presiden sudah mengatakan bahwa pelantikan akan dilakukan secepatnya.

“Kalau dari bahasa Presiden, secepatnya. Nah, cepat itu kan relatif, bisa besok, bisa juga seminggu lagi, atau kapan,” ujar Johan.

Hampir dua bulan tugas Menteri ESDM dipegang pelaksana tugas, yakni Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. Arcandra diberhentikan dengan hormat setelah tersangkut masalah kewarganegaraan.

Ia diketahui memegang paspor Amerika Serikat.Belakangan, setelah melakukan analisa, pemerintah memutuskan bahwa Arcandra berstatus warga negara Indonesia.

Hal itu tertuang dalam Keputusan Menteri Hukum dan HAM tanggal 1 September 2016.

Pascaputusan tersebut, prokontra pengangkatan kembali Arcandra sebagai menteri ESDM muncul.

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla memastikan pemerintah menunjuk seorang profesional sebagai Menteri ESDM definitif.

Jusuf Kalla mengatakan bahwa sang menteri akan diambil dari kalangan profesional seperti layaknya Menteri Keuangan, Menteri Pertanian dan Menteri Pekerjaan Umum-Perumahan Rakyat.

“Karena kita tidak ingin ada masalah konflik kepentingan,” ujar Jusuf Kalla.

Menjelang penunjukan menteri ESDM definitif oleh Presiden, sejumlah nama digadang-gadang untuk mengisi posisi tersebut, mulai dari Arcadra yang status kewarganegaraannya sudah dipulihkan hingga Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto.

Soal nama-nama yang tengah digadang-gadang itu, Jusuf Kalla tidak mau mengklarifiksai apakah dari nama-nama yang beredar saat ini salah satunya adalah orang yang diincar oleh pemerintah untuk menjabat sebagai Menteri ESDM. Wakil Presiden meminta semua pihak untuk bersabar.

“Tunggu sajalah,” ujarnya. (nurnulia rekso/nicolas timothy)

(red/urista/urnamasari/NP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!