Tips Mencari Pekerjaan Baru Setelah Resign

redaksi.co.id - Tips Mencari Pekerjaan Baru Setelah Resign Gue pengin resign aja nih. Gaji naik cuma dikit, bonus tahun ini kagak ada, kata Renny suatu hari...

20 0

redaksi.co.id – Tips Mencari Pekerjaan Baru Setelah Resign

Gue pengin resign aja nih. Gaji naik cuma dikit, bonus tahun ini kagak ada, kata Renny suatu hari kepada Dona, kakaknya. Mendengar keluhan sang adik, Dona kaget.

Lah, lu udah 3 tahun kerja di situ. Yakin mau pindah? Dona bertanya. Habis gimana lagi. Kayaknya masa depan kantor gak jelas, jawab Renny.

Jawaban Renny itu menjadi gong buat Dona untuk memberikan bimbingan kepada adik tercinta. Sebagai kakak, tentunya Dona berharap Renny mendapatkan yang terbaik.

Dona menjelaskan, resign itu bukan perkara sepele. Namun Renny menyatakan sudah mantap mau resign. Ya sudah, sekarang saatnya mengambil langkah selanjutnya: cari kerjaan baru yang lebih oke, kata Dona.

Tentunya resign sebelum mendapat pekerjaan baru sangat gak disarankan. Gimana kalau ternyata setelah resign gak ada kantor yang nyangkut. Siap bokek?

Karena itulah Dona menegaskan bahwa Renny mesti mencari kantor baru dulu sebelum menyampaikan surat pengunduran diri. Tapi gimana caranya?

Gak perlu bingung-bingung, berikut ini tips mencari pekerjaan baru buat yang pengin resign:

1. Bikin daftar

Misalnya kita kerja di perusahaan otomotif. Ya, bikinlah daftar perusahaan otomotif yang menjanjikan. Menjanjikan di sini baik dari segi kualitas dan kuantitas, ya.

Parameternya:

– Jenjang karier

– Gaji

– Fasilitas

– Lingkungan kerja

– Jarak/akses dari rumah

Setidaknya 5 parameter itu mesti lebih baik daripada tempat kerja sekarang. Nah, tips selanjutnya terkait dengan cara menyusun daftar ini.

2. Cari info dari alumni

Coba telusuri, apakah ada alumni sekolah/kampus kita yang kerja di tempat yang kita targetkan. Mungkin bisa lewat media sosial. Kan biasanya ada grup alumni tuh. Bisa dicek di sana. Tanyakan benefit dari kantor dan bandingkan dengan yang kita punya sekarang.

Atau kalau ada grup WhatsApp atau semacamnya, bisa dimanfaatkan buat tanya-tanya. Kalau belum ada, bikinlah. Siapa tahu dari usaha cari info malah bisa ketemu jodoh dari masa lalu.

3. Jadikan rutinitas

Aktivitas mencari informasi ini mesti dijadikan rutinitas tiap hari. Biar tetap berfokus pada rencana resign. Ini sekaligus menguji kemantapan niat kita.

Kalau memang niat ya seharusnya giat cari-cari info. Sebisa mungkin dapatkan info yang spesifik biar gak nyesel kalau ternyata yang didapatkan di tempat kerja baru gak sesuai dengan harapan.

4. Tetap profesional

Meski udah gak betah, kita mesti tetap bersikap profesional di tempat kerja yang sekarang. Jangan sampai aktivitas berburu kantor baru menyita banyak perhatian, dan akhirnya kerjaan berantakan.

Dalam rapat, tetap aktif. Kerjaan diselesaikan tepat waktu. Ini toh berguna juga biar saat resign nama kita gak tercemar. Kalau bisa malah gak menggunakan fasilitas kantor buat aktivitas ini, terutama e-mail kantor!

5. Rahasiakan dari teman

Sebisa mungkin rahasiakan niat resign ini dari kolega, bahkan yang termasuk sahabat di tempat kerja. Satu orang bisa saja nyebarin kabar ini ke banyak orang.

Akhirnya malah rencana resign jadi berantakan. Gimana kalau ternyata gak dapat-dapat kerjaan baru. Kan, tengsin.

6. Poles CV

Setelah menetapkan target perusahaan yang bakal dituju, saatnya mengirim lamaran plus CV. Jangan lupa update CV terbaru.

Syukur-syukur itu perusahaan lagi buka lowongan yang kita harapkan. Tapi gak perlu khawatir, kita bisa bikin inquiry letter untuk menanyakan ketersediaan lowongan itu.

Surat ini berisi pertanyaan apakah ada posisi lowong yang sesuai dengan kapasitas kita. Tonjolkan kekuatan kita dalam surat itu.

Artinya, kita mesti membuat bukti konkret bahwa kerjaan kita bagus di tempat kerja sebelumnya. Misalnya memimpin suatu proyek dan berhasil. Atau ide-ide kita diaplikasikan oleh perusahaan.

Itulah 6 tips mencari pekerjaan baru buat yang pengin resign seperti Donna. Ingat, yang terpenting adalah memantapkan niat.

Jangan sampai udah pindah tapi ternyata gagal move on. Atau malah salah informasi dan ternyata tempat kerja baru lebih parah. Waaah.

MoneySmart.sg helps you maximize your money. Like us on Facebook to keep up to date with our latest news and articles.

(red/aini/J)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!