Michelin Siapkan 4 Ribu Ban, Motegi Sirkuit Paling Sulit

redaksi.co.id - Michelin Siapkan 4 Ribu Ban, Motegi Sirkuit Paling Sulit Michelin selaku pemasok ban MotoGP 2016 telah menyiapkan 4.000 ban untuk memanjakan pembalap MotoGP di...

39 0

redaksi.co.id – Michelin Siapkan 4 Ribu Ban, Motegi Sirkuit Paling Sulit

Michelin selaku pemasok ban MotoGP 2016 telah menyiapkan 4.000 ban untuk memanjakan pembalap MotoGP di tiga seri Asia, yakni GP Jepang, Australia, dan Malaysia. Mengenai pemilihan ban, perusahaan asal Prancis menyediakan tiga senyawa berbeda.

Pada bagian depan akan disediakan soft, medium, dan keras. Sementara belakang, pembalap diperbolehkan untuk memilih ban lunak dan keras ditambah asimetris dengan bahu kanan lebih keras untuk melahap seri ke-15 MotoGP ini.

Tantangan terberat Michelin di tiga seri Asia ini adalah mengenai pengiriman ban. Manajer Piero Taramasso mengatakan, pihaknya akan memasok pengiriman ban dari laut maupun udara.

“Ini adalah tantangan besar buat Michelin terutama mengenai pengiriman logistik. Karena kami menyediakan 4.000 ban untuk tiga balapan di Asia. Rencananya kami akan melakukan pengiriman dari laut maupun udara,” jelasnya seperti dikutip Speedweek, Kamis (13/10/2016).

Ditambahkannya, Michelin diketahui belum pernah mencoba menguji ban mereka di Sirkuit Twin Ring Motegi di mana arena balap roda dua paling bergengsi itu memiliki trek yang kasar. Sehingga Michelin memerlukan tingkat grip yang lebih baik dari sebelumnya.

“Motegi merupakan trek yang secara teknis memiliki aspal relatif agresif. Ditambah ada beberapa masalah yang akan dialami pembalap terutama dalam hal pengereman dan akselerasi. Untuk menjadi siap, kami memberikan stabilitas yang akan membantu pembalap dalam pengereman,” katanya.

(red/urista/urnamasari/NP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!