Berinvestasi Reksadana Sejak Kuliah, Kenapa Tidak?

redaksi.co.id - Berinvestasi Reksadana Sejak Kuliah, Kenapa Tidak? Investasi Sejak Masih Kuliah via IPOTFUNDSeiring dengan meningkatnya tingkat kesejahteraan masyarakat di Indonesia, membuat banyak orang menjadi semakin...

16 0

redaksi.co.id – Berinvestasi Reksadana Sejak Kuliah, Kenapa Tidak?

Investasi Sejak Masih Kuliah via IPOTFUND

Seiring dengan meningkatnya tingkat kesejahteraan masyarakat di Indonesia, membuat banyak orang menjadi semakin konsumtif. Sayangnya, hal ini tidak diimbangi dengan peningkatan kesadaran untuk berinvestasi, khususnya dari kalangan orang-orang muda. Mereka beranggapan kalau investasi hanya bisa dilakukan oleh orang yang sudah kaya.

Padahal, anggapan itu jelas salah besar! Sebab, sekarang investasi bisa dilakukan secara murah dan bisa dimulai sedari dini, khususnya di tingkat kuliah. Ya, tingkat kuliah adalah waktu yang tepat untuk mulai investasi. Alasannya, pada usia inilah kamu sedang memasuki usia produktif, saat tepat untuk mengumpulkan aset guna mewujudkan tujuan keuangan kamu.

Semakin dini kamu memulai investasi, semakin besar kesempatan untuk meraih hasil investasi yang besar di masa mendatang. Tapi, apa instrumen investasi yang mudah, aman dan memberikan hasil investasi/ return yang maksimal?

Jawabnya ialah reksadana. Reksadana merupakan instrumen investasi modern yang produknya bisa dibeli dengan harga murah, mulai dari Rp100.000. Reksadana, instrumen investasi dengan sejumlah keunggulan di dalamnya, cocok untuk kamu yang masih kuliah. Mau tau, apa saja keuntungan dari reksadana? Ini ulasannya:

Dana Dikelola Secara Profesional viashutterstock.com

Investasi reksadana diatur oleh manajer investasi, yaitu manajemen profesional yang memiliki keahlian khusus dalam bidang pengelolaan dana. Manajer investasi ini berperan untuk melayani para investor yang tidak memiliki banyak waktu untuk tidak dapat melakukan riset terhadap analisis harga efek dan tidak memiliki akses informasi ke pasar modal.

Salah satu keunggulan reksadana, dia tidak hanya terfokus berinvestasi pada satu perusahaan. Tentunya hal Ini akan mengurangi risiko kerugian dibanding menggunakan investasi lain seperti saham murni. Singkatnya, dengan berinvestasi reksadana, risiko yang ada akan tersebar di banyak tempat.

Sebagai contoh, kamu membeli produk reksadana yang investasinya disebar di 20 perusahaan. Namun dari 20 perusahaan itu, 3 diantaranya mengalami kerugian. Tapi tenang saja, kamu tidak perlu khawatir karena masih ada 17 perusahaan lain yang mendapat untung sehingga nilai investasi reksadana tidak akan mengalami kerugian. Selain itu, dana investasi yang kamu setor juga tidak dipegang langsung oleh manajer investasi. Tetapi dititipkan pada rekening bank khusus yang dikenal sebagai bank kustodian. Jadi, keamanannya lebih terjamin.

Keuntungan lain yang bisa didapatkan adalah, kamu akan mendapatkan laporan mengenai performa produk reksadana yang dibeli. Hal ini dilakukan agar kamu sebagai investor bisa memantau keuntungan, biaya, serta risiko investasi reksadananya setiap saat. Hal ini bisa tercipta karena manajer investasi diwajibkan untuk mengumumkan Nilai Aktiva Bersih produknya setiap hari di berbagai media dan menerbitkan laporan keuangan tengah tahunan dan tahunan juga prospektus secara teratur. Dengan adanya transparansi informasi seperti ini, kamu tentu bisa memonitor perkembangan investasi secara rutin.

Bisa Dicairkan Kapan Saja via blogspot.com

Bagi kamu yang belum mengetahuinya, likuiditas adalah kemampuan sebuah perusahaan untuk membayar kewajiban jangka pendeknya. Semakin tinggi likuiditas sebuah perusahaan, maka tingkat kepercayaan investor pada perusahaan itu juga tinggi karena kemampuannya membayar kewajiban jangka pendek sangat baik. Dengan likuiditas yang tinggi pula, investor dapat mencairkan kembali investasi reksadananya setiap saat sesuai dengan ketetapan yang dibuat masing-masing produk.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, reksadana dikenal sebagai produk investasi yang murah, di mana cukup dengan biaya minimal Rp100.000! Kamu sudah bisa ini. Murahnya harga reksadana tercipta karena dia merupakan himpunan dari banyak pemodal dan dikelola secara profesional. Sejalan dengan besarnya kemampuan melakukan investasi itu, maka biaya transaksi reksadana juga semakin efisien. Selain itu, biaya transaksi reksadana jauh lebih rendah dibandingkan dengan investor yang melakukan investasi secara langsung di bursa efek.

Banyak orang menganggap kalau nilai risiko reksadana yang rendah akan membuat keuntungan yang didapat akan ikut kecil. Tapi tenang saja, karena reksadana merupakan alternatif investasi yang keuntungannya dapat dinikmati dalam jangka panjang. Di mana produk ini sangat cocok bila dijadikan alternatif investasi yang menjamin investor dalam mempersiapkan masa pensiun, dana pendidikan anak, dan berbagai rencana jangka panjang lainnya. Jadi, dengan menggunakannya, kamu sudah membuat satu langkah lebih baik untuk menjamin masa depan yang cerah.

Ada Banyak Produk Reksadana di IPOTFUND

Selain murah, membeli reksadana sekarang juga makin mudah. Kamu bisa membeli reksadana online melalui Supermarket Reksadana Online, . IPOT FUND adalah sebuah supermarket reksadana yang menawarkan ragam produk reksadana terlengkap di Indonesia, dengan 29 Manajer Investasi, dan lebih dari 140 produk reksadana.

Nikmati kemudahan investasi reksadana, tanpa dikenakan biaya transaksi pembelian, metode satu akun yang terintegrasi mulai dari proses registrasi, pembayaran hingga laporan dari manajer investasi dan real online. Hingga berbagai fitur kemudahan untuk membantu kamu memilih reksadana yang sesuai dengan profil dan tujuan keuangan mu.

Semua di mulai dari dirimu sendiri. Wujudkan semua impianmu dengan persiapan dan strategi keuangan yang tepat, salah satunya dengan investasi reksadana. Mumpung kamu masih muda, ini adalah momen yang pas buat kamu mulai investasi dan menikmati hasil dari investasi mu di masa depan. Bayangkan, hasil investasi yang kamu dapatkan dalam jangka panjang, nilainya akan naik berkali-kali lipat, jadilah mahasiswa pintar yang tau cara mewujudkan tujuan keuanganmu dengan reksadana.

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!