Daftar Bawaan dan Persiapan Sebelum Berangkat Haji

redaksi.co.id - Daftar Bawaan dan Persiapan Sebelum Berangkat Haji Haji adalah rukun islam kelima, bagi yang mampu dan memiliki kesempatan diwajibkan untuk menyempurnakan rukun islam. Tidak...

46 0

redaksi.co.id – Daftar Bawaan dan Persiapan Sebelum Berangkat Haji

Haji adalah rukun islam kelima, bagi yang mampu dan memiliki kesempatan diwajibkan untuk menyempurnakan rukun islam. Tidak seperti umroh yang bisa dilakukan kapan saja, haji hanya bisa dilakukan 1 kali dalam 1 tahun. Musim haji bertepatan dengan hari raya idul adha di seluruh dunia. Apabila orang-orang yang berhaji beribadah wukuf di arofah, maka kita yang di Indonesia keesokan harinya merayakan hari idul adha.

Ibadah haji sangat menuntut fisik, tenaga dan pikiran. Maka jika Anda masih muda dan memiliki bekal yang cukup, sebaiknya daftarlah haji sedini mungkin. Jangan menunggu hingga usia lanjut untuk berangkat haji. Medan yang berat dan kondisi cuaca yang ekstrem bagi orang-orang Indonesia, akan cukup menyulitkan untuk menjalankan berbagai ibadah selama di tanah suci.

Oleh karena itu, sebelum berangkat haji ada beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan seperti ulasan berikut ini:

Making List viawdy.h-cdn.co

Pemberitahuan keberangkatan haji biasanya diinfokan 1 tahun sebelum keberangkatan. Namun, ada juga yang pemberitahuannya mendadak, bahkan ada yang 1 bulan sebelum berangkat baru diinfokan jika harus berangkat haji pada tahun tersebut. hal ini biasanya dikarenakan ada calon jamaah yang meninggal dunia, tidak bisa melunasi atau memang ada keinginan untuk menunda karena belum siap.

Namun, bagi Anda yang sudah diinfokan untuk berangkat haji, maka Anda perlu membawa beberapa perlengkapan dan bawaan yang bermanfaat selama menjalankan ibadah haji di tanah suci. Berikut daftar bawaan dan persiapan sebelum berangkat haji yang perlu Anda persiapkan:

Pakaian viah-cdn.co

Alat Mandi viaalicdn.com

Perlengkapan Kesehatan viaravelhub.insureandgo.com.au

Perlengkapan Gadget viaytimg.com

Persiapan Lain viahuntingaddict.files.wordpress.com

Setelah mempersiapkan semua perlengkapan yang akan digunakan selama menjalankan ibadah haji ditanah suci, maka ada persiapan lain yang perlu dilakukan diluar menyiapkan barang-barang seperti uraian diatas, sebagai berikut.

Menjalankan ibadah haji adalah wajib sekali seumur hidup, alangkah baiknya jika kesempatan yang sekali ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Bersihkan hati dan niatkan semua ibadah hanya untuk Allah SWT. Dengan persiapan yang matang, ibadah bisa lebih lancar dan hati lebih tenang.

(red/iti/mi/anik/SUH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!