6 Ide Kerja Terbaik untuk Pensiunan dan Lanjut Usia

redaksi.co.id - 6 Ide Kerja Terbaik untuk Pensiunan dan Lanjut Usia Saat bekerja, mungkin banyak dari kita bermimpi memiliki waktu lebih untuk mengisi hari libur misalkan...

58 0

redaksi.co.id – 6 Ide Kerja Terbaik untuk Pensiunan dan Lanjut Usia

Saat bekerja, mungkin banyak dari kita bermimpi memiliki waktu lebih untuk mengisi hari libur misalkan bermain golf, dan sekadar santai dengan orang yang dicintai. Namun, saat pensiun tiba, kita benar-benar menemukan kalau diri kita kehilangan pekerjaan.

Ada segudang alasan yang mengharuskan untuk kembali bekerja setelah pensiun, yaitu membantu tetap sehat jasmani dan rohani serta menyediakan sumber tambahan pendapatan.

Anda mungkin ingin mencari pekerjaan di bidang Anda dengan fleksibilitas yang lebih sedikit waktu kerja, kurang stres, atau mungkin Anda ingin bisa memulai pekerjaan dalam bidang baru.

Jika Anda berencana untuk bekerja setelah pensiun, berikut beberapa ide kerja terbaik untuk pensiunan dan lanjut usia yang dilansir dari laman Moneycrashers.com, Sabtu (26/11/2016):

1. Bekerja untuk Mantan Bos Anda

Jika Anda menikmati pekerjaan yang Anda lakukan sebelum pensiun, lebih baik pertimbangkan bekerja paruh waktu untuk mantan Bos Anda. Jika Anda dahulu merupakan karyawan yang berharga, atasan lama pasti akan memberi kesempatan untuk mempekerjakan Anda kembali.

Bahkan, jika Anda memerlukan jadwal kurang intensif atau lebih fleksibel juga bisa. Ini akan memungkinkan Anda untuk memperbarui kontak dengan rekan kerja lama dan melanjutkan kembali pekerjaan lama yang selalu Anda nikmati, bahkan kini dapat disesuaikan dengan jadwal Anda.

2. Bekerja sebagai Konsultan

Jika Anda merupakan seorang pensiun dengan gelar tinggi atau memiliki pengalaman khusus, Anda dapat mempertimbangkan karier di bidang konsultan. Konsultan dapat memanfaatkan keahlian yang dimiliki, pelatihan, koneksi, dan mengatur jam untuk menghindari beban kerja penuh waktu.

3. Memulai Bisnis Ritel

Anda memiliki banyak koleksi, seperti barang antik yang sudah berdebu atau buku yang sudah tidak lagi dibaca? Ini merupakan langkah awal yang diperlukan untuk bisnis ritel. Anda dapat mencoba untuk membuka usaha ritel sendiri.

Jika berencana untuk memulai bisnis sendiri, Anda dapat menggunakan bantuan internet. Internet memudahkan untuk memulai bisnis online baru karena biayanya yang relatif rendah penjualan dan bisa juga dengan iklan online.

Anda dapat memulai sebuah situs web untuk mengiklankan layanan, atau dapat juga dengan memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan bisnis Anda.

Selain cara itu, Anda bisa juga menjual barang yang ingin dijual ke toko material, atau dengan menyewa stan di pasar loak.

4. Carilah Rendah Stres, Kerja Paruh Waktu

Jika Anda hanya ingin tetap aktif dan berhubungan dengan orang lain, mencari pekerjaan rendah stres, dan memerlukan tanggung jawab, maka berikut beberapa pekerjaan paruh waktu yang paling populer untuk pensiunan:

– Posisi ritel: Mungkin pekerjaan ini tidak membayar gaji tinggi, tetapi menawarkan jadwal yang fleksibel dan tersebar di mana-mana.

– Pekerjaan call center: Dalam call center, karyawan menghabiskan sebagian besar waktu mereka duduk dan berbicara di telepon. Bahkan, sejumlah perusahaan memungkinkan perwakilan layanan pelanggan untuk bekerja dari rumah.

– Asisten pengajar dan tutor: Perguruan terkadang menyewa asisten pengajar untuk upah per jam kecil atau biaya tetap. Di sisi lain, tutor dapat bekerja sendiri atau bekerja dengan organisasi yang lebih besar.

– Layanan perawatan anak: Anda dapat mengasuh anak dari teman-teman, keluarga, atau tetangga. Hal ini dapat menambah penghasilan. Anda bahkan juga dapat menawarkan jasa perawatan anak sehari-hari di rumah.

5. Cari Kerja Paruh Waktu dengan Tunjangan

Sejak upah umumnya rendah, mencari pekerjaan paruh waktu dengan manfaat asuransi kesehatan dan tunjangan dapat membuat pekerjaan lebih menarik. Misalnya, jika Anda bekerja untuk sebuah bioskop, gedung konser, atau hampir semua jenis lain dari tempat hiburan, Anda mungkin menerima tiket gratis untuk acara.

6. Berikan Kembali

Jika Anda menginginkan pekerjaan yang memungkinkan untuk memberikan sesuatu kembali ke dunia (seperti mengajar, bimbingan, atau bekerja di pusat penitipan anak), biasanya pekerjaan ini dibayar sedikit.

Anda dapat juga menikmati posisi relawan, seperti bekerja dengan penampungan atau organisasi hewan.

Jika Anda menyukai ide untuk memberi kembali, namun ingin penghasilan Anda lebih tinggi, Anda dapat mempertimbangkan untuk bekerja di industri kesehatan. (Fitriana Monica Sari/Ahm)

(red/hmad/yaiku/AS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!