3 Cara Mudah Kumpulkan Tabungan Dana Darurat

redaksi.co.id - 3 Cara Mudah Kumpulkan Tabungan Dana Darurat Hidup jarang berjalan seperti yang direncanakan. Terkadang keperluan mendesak, seperti sebuah penyakit tak terduga dan perbaikan rumah...

60 0

redaksi.co.id – 3 Cara Mudah Kumpulkan Tabungan Dana Darurat

Hidup jarang berjalan seperti yang direncanakan. Terkadang keperluan mendesak, seperti sebuah penyakit tak terduga dan perbaikan rumah mengharuskan untuk mengeluarkan uang tambahan. Maka karena itu, penting bagi Anda mempersiapkan untuk saat-saat ketika membutuhkan bantal keuangan tambahan.

Membentuk tabungan dana darurat sangat penting untuk kesehatan keuangan Anda. Akan tetapi, menyimpan uang secara disiplin sangat sulit sekali untuk diterapkan.

Lalu bagaimanakah cara mudah untuk membangun tabungan dana darurat? Dilansir dari Cheatsheet.com, Jumat (25/11/2016), berikut tiga cara mudah untuk mengumpulkan tabungan dana darurat yang dapat Anda coba:

1. Tetapkan tujuan jangka pendek

Perencanaan keuangan umumnya merekomendasikan untuk menyimpan antara 10 persen dan 15 persen dari penghasilan Anda.. Tabungan ini dikumpulkan hingga setara dengan biaya hidup Anda selama 3-6 bulan, ada juga yang merekomendasikan 6-12 bulan.

Akan tetapi, jika Anda tidak dapat menyimpan jumlah itu setiap periode membayar, Anda tetap harus menyisihkan berapa pun yang Anda bisa. Dengan cara ini, setelah situasi keuangan Anda membaik, Anda akan berada dalam kebiasaan menabung. Sementara itu, praktik kebiasaan hemat dan melihat uang Anda ikut tumbuh.

J.D. Roth, pendiri dari Get Rich Slowly, menyarankan untuk melawan penetapan penghematan tujuan realistis sehingga Anda tidak perlu berkecil hari. Roth mengatakan, penting untuk diingat bahwa itu adalah langkah-langkah kecil yang akan membantu Anda membangun kekayaan.

2. Ikut tabungan berencana

Jika Anda mengalami kesulitan menabung, mengambil sebagian dari gaji Anda ditransfer ke rekening tabungan berencana secara otomatis menjadi alternatif. Hal ini dapat membantu mengurangi keinginan menghabiskan uang untuk pembelian yang tidak perlu.

3. Memulai klub menabung

Mengumpulkan sekelompok teman-teman yang juga memiliki satu tujuan dengan Anda sangatlah penting. Memenuhi setidaknya sekali sebulan untuk meninjau tujuan penghematan dan menghibur satu sama lain pada saat target terpenuhi.

Salah satu cara untuk melacak tabungan sebagai sebuah kelompok adalah dengan menggunakan aplikasi tabungan. (Fitriana Monica Sari)

(red/ris/ahyudianto/AW)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!