Kemenhub Bakal Kembangkan 4 Bandara di Jawa Barat

redaksi.co.id - Kemenhub Bakal Kembangkan 4 Bandara di Jawa Barat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana mengembangkan bandara di empat daerah di Jawa Barat untuk penerbangan komersil. Pengembangan...

31 0

redaksi.co.id – Kemenhub Bakal Kembangkan 4 Bandara di Jawa Barat

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana mengembangkan bandara di empat daerah di Jawa Barat untuk penerbangan komersil. Pengembangan ini diharapkan mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah sekitarnya.

Menteri Perhubungan mengatakan, empat daerah tersebut antara lain, Pangandaran, Tasikmalaya, Garut dan Sukabumi. Dia menyatakan, yang paling siap untuk diresmikan pengoperasiannya yaitu Bandara Nusawiru di Pangandaran.

“Ada empat bandara, Nusawiru (Pangandaran), Tasikmalaya, Garut dan Sukabumi. Di Jawa Barat bagian selatan karena dua minggu lalu saya ke Pangandara, di sana ada Nusawiru. Kita segera bisa resmikan,” ujar dia di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (26/11/2016).

Selain Nusawiru, lanjut Budi, bandara di Tasikmalaya juga siap untuk melayani penerbangan komersial. Namun untuk Garut dan Sukabumi baru akan dikembangkan.

“Nusawiru dan Tasikmalaya sudah bisa berjalan, yang belum di Garut dan Sukabumi. Kita harus mikirkan ada Garut dan Sukabumi dan ternyata ada lapangan penerbangan lama, tanahnya sudah dikuasai. Bagi perhubungan bisa gampang buat kita,” kata dia.

Meski demikian Kemenhub serius untuk mengembangkan bandara- tersebut. Pada tahun depan, desain bandaranya akan diperbaiki dan mulai dikerjakan sehingga diharapkan bisa rampung pada 2018.

“Tahun 2017 awal kita desain, kita perbaiki, 2018 bisa berfungsi. Paling tidak ada lapangan terbang dimana ATR bisa jalan. Di sana perikanan dan turisnya luar biasa potensi. Saya minta Pak Gubernur bisa menyelesaikannya, dan merencanakan pembangunannya,” ujar dia. (Dny/Ahm)

(red/iti/mi/anik/SUH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!