Cerita Mantan Pengawal soal Kehidupan Mewah Fidel Castro

redaksi.co.id - Cerita Mantan Pengawal soal Kehidupan Mewah Fidel Castro Kabar duka menyelimuti Kuba. Mantan Presiden Kuba Fidel Castro meninggal dunia pada usia 90 tahun.Fidel Castro...

64 0

redaksi.co.id – Cerita Mantan Pengawal soal Kehidupan Mewah Fidel Castro

Kabar duka menyelimuti Kuba. Mantan Presiden Kuba Fidel Castro meninggal dunia pada usia 90 tahun.

Fidel Castro memerintah Kuba hampir setengah abad. Dirinya menyerahkan kekuasaan kepada adiknya Raul pada 2008. Kepemimpinan Fidel Castro hampir lima dekade tersebut mencatatkan dirinya, sebagai salah satu penguasa yang memerintah paling panjang setelah Ratu Inggris Elizabet II dan Raja Thailand Bhumibol Adulyadej.

Meski dirinya digambarkan sebagai sosok jauh dari kekayaan dan sebagai sosok yang mengembalikan kekuasaan kepada rakyat, namun Castro diklaim hidup seperti raja.

Dalam buku La Vie Cachee de Fidel Castro (Fidel Castro Hidden Life), pengawal dan masuk dalam anggota lingkaran elit Castro, Juan Reinaldo Sanzhes mengungkapkan kehidupan Fidel Castro. Buku tersebut ditulis oleh wartawan Prancis Axel Gylden, reporter senior di majalah L’Express.

Pulau pribadi Castro bernama Cayo Piedra. Di dalam pulau tersebut terdapat restoran terapung, helipad, dan bahkan lumba-lumba untuk menghibur anak-anaknya. Bahkan pihaknya membangun dermaga untuk fasilitas yacht pribadinya.

Hanya sedikit orang yang tahu pulau pribadi yang terletak di selatan Havana tersebut. Fidel Castro dikabarkan menghabiskan waktu bersama istri dan anak-anaknya di pulau itu.

Hanya sedikit orang yang pernah kunjungi pulau tersebut. Salah satunya Erich Honecker, pimpinan Jerman Timur hingga jatuhnya tembok Berlin dan reunifikasi Jerman.

Menurut Sanchez, Castro merahasiakan kekayaannya yang diperkirakan mencapai ratusan juta. Kekayaannya termasuk 20 aset properti sekeliling pulau pribadinya.

Sementara itu, Ann Louise Bardach, penulis veteren sejarah Kuba yang telah mewawancarai Castro mengatakan, Castro menikmati makanan terbaik dan perawatan medis sepanjang hidupnya tetapi tidak memiliki gaya hidup mewah.

Castro bukan pertama kalinya diklaim menikmati kekayaan besar. Pada 2006, majalah Forbes pernah memasukkan Fidel Castro dalam daftar 10 raja, ratu dan diktator terkaya. Berdasarkan the Richest, kekayaan Castro mencapai US$ 900 juta.

(red/aini/J)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!