Musim Depan Mekanik MotoGP Wajib Pakai Helm

redaksi.co.id - Musim Depan Mekanik MotoGP Wajib Pakai Helm - Dorna selaku penyelenggara MotoGP tengah berusaha sebisa mungkin meminimalisir angka kecelakaan yang terjadi di dalam...

47 0

redaksi.co.id – Musim Depan Mekanik MotoGP Wajib Pakai Helm

Dorna selaku penyelenggara MotoGP tengah berusaha sebisa mungkin meminimalisir angka kecelakaan yang terjadi di dalam pit. Valentino Rossi dkk.

Pada MotoGP 2017 akan mendapat tiga aturan baru yang akan meningkatkan tingkat keamanan pebalap dan juga mekanik di area pit.

Salah satu faktor yang membuat Dorna akhirnya merancang peraturan baru di dalam pit tak lepas dari insiden yang menimpa pebalap Aprilia, Alvaro Bautista, di MotoGP Argentina 2016. Saat itu Bautista yang hendak mengganti motor tanpa disengaja menabrak mekaniknya sendiri. Hal itu menjadi sorotan beberapa rider, termasuk Rossi yang khawatir dengan keselamatan kru di dalam pit.

Setelah musim berakhir, Dorna akhirnya selesai melakukan pengkajian dan mengeluarkan aturan baru yang akan dipakai pada MotoGP 2017. Menurut laporan Speedweek, setidaknya ada tiga aturan baru yang akan meningkatkan keamanan pebalap dan kru di dalam pit musim depan.

Peraturan pertama, setiap tim hanya boleh menggunakan empat mekanik yang menangani proses pergantian motor. Kedua, setiap mekanik juga diwajibkan menggunakan helm sebagai salah satu standar keselamatan di dalam pit.

Ketiga, para mekanik berhak menahan kopling motor yang akan digunakan, tapi pergantian gigi tetap harus dilakukan oleh sang pebalap. Kebijakan ini sejatinya cukup riskan untuk dimanfaatkan oleh beberapa tim, sehingga Dorna menyatakan akan langsung mendiskualifikasi pebalap yang ketahuan memanfaatkan aturan ketiga untuk keuntungannya.

Peraturan baru ini menjawab harapan Valentino Rossi yang ingin ada standar keselamatan baru untuk pebalap dan mekanik di dalam pit. “Ketika berada di dalam pit stop, keadaannya selalu berbahaya. Saya rasa harus ada solusi untuk masalah ini, mungkin kami harus lebih pelan ketika ada di area pit,” ujar Rossi setelah kejadian yang menimpa Bautista.

(red/ramanta/utra/amungkas/BPP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!