Sri Mulyani Ancam Hukum Pegawai Pajak Seperti Gayus Tambunan

redaksi.co.id - Sri Mulyani Ancam Hukum Pegawai Pajak Seperti Gayus Tambunan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati siap memberi ketegasan kepada semua pegawai pajak yang melanggar hukum...

38 0

redaksi.co.id – Sri Mulyani Ancam Hukum Pegawai Pajak Seperti Gayus Tambunan

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati siap memberi ketegasan kepada semua pegawai pajak yang melanggar hukum dan kode etik.

Pada saat kasus Gayus Tambunan muncul beberapa tahun lalu, Sri Mulyani dengan tangan dingin mencopot semua pegawai yang berhubungan dengan suap dan korupsi.

“Dulu masalah Gayus, unit sampai direkturnya saya copot,” ujar Sri Mulyani di rapat kerja dengan DPR Komisi XI RI, Jakarta, Senin malam (28/11/2016).

Sri Mulyani memaparkan tidak pernah segan memberikan hukuman bagi pegawai pajak yang nakal. Namun mantan Managing Director Bank Dunia itu mengaku juga adil dalam memberikan penghargaan kepada pegawainya.

“Insentif dan punishment, saya terus terang tidak pernah segan,” ungkap Sri Mulyani.

Sri Mulyani menjelaskan sebagai Menteri tidak bisa memecat pegawainya seperti korporasi swasta. Karena pegawai negeri sipil (PNS) harus mengikuti UU Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Tapi beberapa yang lain mengingatkan ada UU ASN ini diatur, ini bukan masalah berani atau tidak, tapi itu adalah patut untuk mengikuti aturan,” ungkap Sri Mulyani.

Sri Mulyani menambahkan jika ia memecat pegawai pajak, otomatis bisa diperkarakan di Pengadilan Tinggi Usaha Negara (PTUN). “Karena kalau tidak, kami akan mudah di PTUN kan,” papar Sri Mulyani.

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!