Atasi Kejahatan Keuangan, Polisi Cina Bentuk Lima Unit Khusus

redaksi.co.id - Atasi Kejahatan Keuangan, Polisi Cina Bentuk Lima Unit Khusus Otoritas polisi Cina pada 30 November mendirikan lima unit spesialis untuk menangani kejahatan keuangan.Termasuk penipuan...

44 0

redaksi.co.id – Atasi Kejahatan Keuangan, Polisi Cina Bentuk Lima Unit Khusus

Otoritas polisi Cina pada 30 November mendirikan lima unit spesialis untuk menangani kejahatan keuangan.Termasuk penipuan sekuritas yang semakin profesional.

Kantor berita Xinhua, Selasa (29/11) melaporkan, unit baru tersebut didirikan bersama dengan Kementerian Keamanan Publik dan China Securities Regulator Commission (CSRC). Unit khusus ini akan berbasis di timur laut provinsi Cina Liaoning serta beberapa kota di Shanghai, Chongqing, Qingdao dan Shenzhen.

“Mereka akan menyelidiki dan meneliti efek dan kasus penggelapa pajak dan juga memberikan platihan khusus,” katanya.

Kementerian Keamanan Publik dan CSRC telah mengadakan sesi pelatihan bersama untuk memerangi kejahatan keuangan setelah adanya ‘penyimpangan’ di pasar saham negara tahun lalu.

Pihak berwenang menyalahkan crash pasar saham tahun lalu akibat manipulasi pasar. CSRC bahkan telah meningkatkan pengawasan. Awal tahun ini, pengawas korupasi Cina mengklaim regulator sekuritas yang memungkinkan keluarga pejabat untuk perdagangan saham ilegal berada di balik kekacauan tersebut.

CSRC juga telah menindak pembiayaan marjin ilegal atau penggunaan uang pinjaman untuk bertaruh pada saham. Hal tersebut diyakini menjadi pendorong utama dari gelembung pasar saham tahun lalu.

(red/urista/urnamasari/NP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!