Kepri Siap Jadi Primadona Wisata

JAKARTA Redaksi.co.id – Alunan musik melayu, serta beberapa tarian tradisionalnya mewarnai acara “Pesona Kepulauan Riau/Kepri” di Gedung Kementerian Pariwisata Rabu kemaren (13/5). Kepri memang sedang banyak lakukan...

22 0

JAKARTA Redaksi.co.id – Alunan musik melayu, serta beberapa tarian tradisionalnya mewarnai acara “Pesona Kepulauan Riau/Kepri” di Gedung Kementerian Pariwisata Rabu kemaren (13/5). Kepri memang sedang banyak lakukan promosi wisata di semua wilayahnya yang meliputi Pemkot Batam, Tanjung Pinang, serta Kabupaten Bintan, Karimun, Lingga, Anambas dan Natuna.

Menteri Pariwisata Arief Yahya yang turut hadir dalam acara ini, sangat mengharapkan sekali bila Kepri bisa menjadi primadona untuk menggaet wisatawan dalam dan luar negeri untuk datang. “Batam bersama Jakarta dan Bali memang menjadi pintu utama yang paling besar bagi turis,” kata Arief. Itu sebabnya, Arief sangat optimis dengan target 2,5 juta wisatawan pada 2015 pasti bisa tercapai.

Jajaran Pemda Kepri yang dipimpin langsung oleh Wakil Gubernur Provinsi Kepri, pun mengatakan siap untuk mematok angka 2,5 juta kunjungan wisatawan. Kepri yang 90 persen wilayahnya dihuni oleh laut, memang banyak mengandalkan wisata bahari disamping sejarah, budaya dan kearifan lokal serta kulinernya.

Kepri ini berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia, jadi banyak sekali turis mengunjunginya. Hanya sekitar 45 menit dengan kapal ferry cepat dari Singapura sudah bisa mencapaj Bintan yang memiliki berbagai pesona wisata.

Tazbir, Direktur Promosi Pariwisata Dalam Negeri Kemenpar mengatakan kepada Redaksi.co.id, bahwa kebijakan Kemenpar sekarang ini lebih menekankan bantuan untuk promosinya. Tiap daerah silahkan mengajukan berbagai even-even besarnya. Nanti Kemenpar akan membantu promos ikan hingga ke luar negeri. Biayanya promosi akan ditanggung oleh Kemenpar.

“Malaysia yang hanya memiliki 50 even saja sudah bicara kemana-mana. Kita kan memiliki 33 provinsi danb300-an Kabupaten/Kota, kalau masing-masing memiliki lima even, sudah berapa itu. Luar biasa kan potensi wisata Indonesia,” papar Tazbir penuh optimis. (bri).

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!