Uang Kertas Edisi Don Juan MU Ternyata Pernah Beredar

redaksi.co.id - Uang Kertas Edisi Don Juan MU Ternyata Pernah Beredar Selain sebagai alat tukar, uang kertas juga tidak jarang jadi incaran kolektor. Salah satu yang...

41 0

redaksi.co.id – Uang Kertas Edisi Don Juan MU Ternyata Pernah Beredar

Selain sebagai alat tukar, uang kertas juga tidak jarang jadi incaran kolektor. Salah satu yang masih diburu hingga kini, yakni mata uang Irandia Utara edisi legenda pesepak bola yang juga mantan pemain MU, George Best.

Ada dua alasan kenapa uang ini masih banyak diburu. Pertama tentu karena menampilkan salah seorang legenda sepak bola yang punya banyak penggemar, sedangkan alasan kedua, adalah jumlahnya yang dicetak terbatas, yakni 1 juta lembar saja.

Biasanya, negara-negara yang tergabung dalam Inggris Raya memiliki mata uang yang sama. Namun khusus Irlandia Utara masih menggunakan jenis yang berbeda. Bahkan masing-masing bank yang ada di negara tersebut punya versi yang tidak sama.

Pada tahun 2006 lalu, pemerintah Irlandia Utara resmi menerbitkan uang kertas pecahan 5 pound sterling edisi khusus, George Best. Tujuannya untuk mengenang pemain yang pernah bersinar bersama Timnas Irlandia Utara dan Manchester United tersebut.

Pada uang edisi kertas ini terdapat tiga gambar George Best dalam. Selain itu, ada juga tanda tangan pemain kelahiran Belafast, 22 Mei 1946 itu. Seperti dilansir moneychoice.org, uang ini masuk dalam 10 uang kertas paling aneh yang pernah beredar di dunia.

Meski bisa ditukarkan di bank, umumnya negara-negara Inggris Raya tidak menerima pembayaran dengan mata uang yang berbeda. Namun uang edisi George Best ini jarang beredar karena lebih banyak disimpan sebagai barang koleksi. Apalagi tujuan diterbitkannya uang ini hanya sebagai memorabilia untuk mengenang legenda sepak bola Irlandia Utara dan MU tersebut.

Best merupakan pesepak bola terbaik yang pernah dimiliki Irlandia Utara. Berposisi sebagai gelandang serang, Best dianggap punya kemampuan komplet. Mulai teknik driblling, keseimbangan, hingga akurasi tendangannya menakjubkan. Tak hanya itu, semasa aktif sebagai pemain, Best dikenal tangguh dalam bertahan dan sangat kuat dalam membantu serangan tim yang dibelanya.

Best mengawali karier profesionalnya bersama Manchester United. Dia diboyong ke Inggris pada usia 15 tahun.

Dia menjalani debut bersama Setan Merah dua tahun kemudian. Selama 11 tahun memperkuat Setan Merah, Best telah mencetak 179 gol dari 470 laga. Best juga sempat menjadi top scorer klub selama lima musim kompetisi.

Bersama MU, Best meraih dua gelar juara Liga Inggris (1964-65 dan 1966-1967) dan satu gelar European Cup (1968). Setelah meninggalkan MU pada tahun 1974, Best berpindah-pindah klub sebelum akhirnya pensiun 1984 pada usia 34 tahun.

Di level timnas, Best juga andalan Irlandia Utara. Sepanjang kariernya, Best telah membela timnas sebanyak 37 kali dan mencetak 9 gol. Namun cedera yang berulangkali menimpanya membuat Best tidak pernah tampil di putaran final Piala Eropa dan Piala Dunia.

Seiring menanjaknya karier di sepak bola, kehidupan Best juga berubah. Dia mulai mengikuti gaya hidup artis dan semakin dekat dengan alkohol. Best merupakan pesepak bola pertama yang menyandang gelar El Beatle pada tahun 1996. Sebutan ini diberikan kepada sosok yang dianggap dekat dengan grup musik The Beatles yang sangat tenar saat itu.

Best juga dikenal sebagai Don Juan yang sering gonta-ganti pasangan dan gemar mengoleksi mobil mewah. Pendapatannya sebagai pesepak bola pun habis untuk kegiatan hura-hura. Best meninggal dunia di usia 59 tahun, 2005 lalu.

(red/udhi/wi/nggoro/YDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!