Manajemen Cash Flow, Inilah yang Perlu Diketahui

redaksi.co.id - Manajemen Cash Flow, Inilah yang Perlu Diketahui Dalam menjalankan bisnis, Anda tentu dituntut untuk selalu memiliki manajemen yang mumpuni dan bisa berjalan dengan efektif....

38 0

redaksi.co.id – Manajemen Cash Flow, Inilah yang Perlu Diketahui

Dalam menjalankan bisnis, Anda tentu dituntut untuk selalu memiliki manajemen yang mumpuni dan bisa berjalan dengan efektif. Hal ini akan sangat berpengaruh pada perjalanan dan kesuksesan bisnis Anda tersebut. Bisnis yang sukses tentu harus selalu didukung manajemen yang tepat dan efisien. Berbagai aspek harus dicermati di dalam manajemen yang Anda jalankan, termasuk manajemen cash flow yang akan begitu mempengaruhi kinerja perusahaan Anda secara keseluruhan.

Jika perusahaan memiliki masalah terkait dengan manajemen cash flow yang Anda jalankan, berbagai masalah terkait dengan keuangan dan pengelolaan lainnya sangat mungkin terjadi. Manajemen cash flow yang buruk akan selalu memunculkan berbagai kendala di dalam perusahaan, bahkan untuk beberapa urusan kecil di dalamnya.

Anda mungkin saja telah memiliki semua fungsi pencatatan dan pengelolaan keuangan yang cermat di dalam perusahaan. Namun, pengelolaan cash flow yang tidak tepat menyebabkan lahirnya beberapa masalah terkait dengan ketersediaan kas di dalam perusahaan. Hal seperti ini tentu akan menimbulkan sejumlah masalah operasional. Dan bisa dipastikan dapat mengganggu kegiatan perusahaan secara keseluruhan. Untuk itu, selalu pahami dengan baik, bagaimana cara mengelola manajemen cash flow yang tepat bagi perusahaan.

Ilustrasi Cash Flow viabusiness2community.com

Pada dasarnya, konsep cash flow bukanlah hal yang sulit untuk dipahami dan dijalankan di dalam perusahaan. Hal ini bahkan dilakukan hampir semua perusahaan, tetapi sebagian melakukannya dengan cara yang kurang tepat. Akibatnya, manfaat yang dirasakan kurang maksimal. Cash flow merupakan sebuah siklus keuangan di dalam perusahaan di mana Anda memanfaatkan uang perusahaan untuk bisa mendatangkan sejumlah sumber daya bagi usaha tersebut.

Di dalam praktiknya, berbagai sumber daya inilah yang kemudian Anda manfaatkan kembali untuk kegiatan produksi dan menghasilkan berbagai produk yang akan dijual kepada para konsumen. Dari kegiatan penjualan tersebut, Anda akan mendapatkan sejumlah hasil penjualan dan keuntungan bagi perusahaan, yang kemudian akan dibelanjakan kembali untuk membeli berbagai sumber daya bagi perusahaan Anda.

Lalu, Anda melakukan kembali kegiatan produksi, penjualan, dan seterusnya secara berulang. Siklus inilah yang akan tetap berjalan di dalam perusahaan secara kontinu. Jika dicermati dari kegiatan yang berlangsung di dalam perusahaan, Anda dapat menemukan dua cash flow sekaligus di sana, yakni:

Adalah segala bentuk kas yang masuk ke dalam perusahaan dan menjadi pemasukan yang akan menambah aset perusahaan tersebut. Hal ini meliputi beberapa bentuk, di antaranya uang hasil penjualan produk, piutang yang telah dicairkan, , bunga yang didapatkan dari investasi, dan sejumlah tambahan modal dari luar (investor).

Adalah semua kas yang dikeluarkan dari perusahaan yang dimaksudkan untuk mendukung berbagai kegiatan di dalam perusahaan itu sendiri. Cash ouflow terdiri dari berbagai bentuk, seperti uang belanja perusahaan untuk memenuhi bahan-bahan baku yang dibutuhkan, dana untuk membayar gaji karyawan, dana untuk membayar sejumlah tagihan yang masuk, dana untuk membeli berbagai peralatan (aset) yang baru bagi perusahaan, biaya bunga utang cicilan, biaya pajak, dan yang lainnya. Manajemen cash flow akan sangat dibutuhkan dalam berbagai kegiatan perusahaan dan penanganan masalah keuangan di atas. Hal tersebut dimaksudkan untuk menyeimbangkan cash flow dengan out flow yang terdapat di dalam perusahaan tersebut.

Mengatur Cash Flow viainsightca.nz

Di dalam kegiatan perusahaan, Anda mungkin akan sering mengalami cash flow gap, yakni kondisi kas perusahaan tidak mencukupi untuk menutup berbagai pos pengeluaran yang terjadi di dalam perusahaan. Bukan karena kondisi perusahaan buruk atau tidak mendapatkan sejumlah keuntungan, tetapi kondisi tersebut sering kali terjadi akibat tidak sesuainya waktu pembayaran dari konsumen terhadap jatuh tempo pembayaran sejumlah tagihan yang dimiliki perusahaan. Dalam hal ini, manajemen cash flow tidak berjalan dengan baik sehingga tidak terjadi keseimbangan antara cash inflow dan cash outflow perusahaan.

Hal seperti ini tentu akan sangat buruk dan bisa saja menimbulkan sejumlah masalah di dalam kegiatan perusahaan. Bisa saja mitra atau kolega perusahaan beranggapan bahwa perusahaan Anda tidak meyakinkan untuk dapat membayar tagihan yang ada sehingga kerja sama dengan mereka menjadi tersendat atau bahkan terputus. Jika kondisinya seperti ini, kegiatan produksi bisa saja terganggu atau bahkan terhenti.

Sangat penting untuk selalu memastikan bahwa perusahaan memiliki sejumlah kas yang mencukupi untuk membayar semua tagihan tepat pada waktunya. Bahkan, meskipun sejumlah pemasukan belum diterima perusahaan dari para konsumen. Jika ternyata kas pada periode sebelumnya dan kas pada periode berjalan tidak dapat diandalkan untuk kebutuhan tersebut, Anda harus mencari alternatif dana lain di luar kas perusahaan. Untuk kebutuhan ini, sebagian besar orang pada umumnya akan memilih pinjaman jangka pendek dari bank sebagai alternatif terbaik. Sejumlah dana pinjaman ini akan membantu Anda untuk tetap memiliki kas di dalam perusahaan. Dengan begitu, berbagai kewajiban perusahaan bisa terbayar dengan baik dan tepat waktu.

Dalam pengelolaan manajemen cash flow perusahaan, Anda dapat menemukan banyak manfaat yang dapat digunakan untuk kemajuan perusahaan, antara lain:

Cash flow merupakan salah satu hal yang akan berdampak terhadap kegiatan perusahaan, bahkan secara keseluruhan. Pahami alur cash flow di dalam perusahaan sehingga Anda bisa menerapkan manajemen cash flow yang sehat dan jitu di sana. Dengan adanya manajemen cash flow yang tepat, berbagai masalah keuangan (kas) perusahaan bisa teratasi dengan baik dan cerdas.

(red/ega/wi/riesta/VDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!