10 Gol Terbaik Piala AFF, Ada Pemain Timnas Indonesia

redaksi.co.id - 10 Gol Terbaik Piala AFF, Ada Pemain Timnas Indonesia Timnas Indonesia memang gagal meraih gelar juara Piala AFF 2016. Namun, ada satu hal yang...

39 0

redaksi.co.id – 10 Gol Terbaik Piala AFF, Ada Pemain Timnas Indonesia

Timnas Indonesia memang gagal meraih gelar juara Piala AFF 2016. Namun, ada satu hal yang bisa mereka banggakan. Itu karena aksi Andik Vermansyah menempatkan namanya dalam daftar 10 gol terbaik Piala AFF 2016.

Perjuangan Timnas Indonesia dalam ajang sepak bola Asia Tenggara dua tahunan tersebut berakhir antiklimaks. Setelah terus menciptakan kejutan sejak fase grup hingga leg pertama final, laju Timnas Indonesia menuju podium juara malah terhenti di momen pamungkas.

Ya, anak asuh Alfred Riedl gagal merengkuh gelar juara setelah kalah 0-2 dari Thailand pada leg kedua final di Rajamangala Stadium. Akibatnya, Timnas Indonesia pun kalah agregat 2-3. Namun, nama Timnas Indonesia akan tetap diingat berkat aksi impresif salah satu pemain mereka.

Pemain yang dimaksud adalah Andik Vermansyah. Gelandang serang berusia 21 tahun tersebut masuk dalam daftar gol terbaik yang tercipta di Piala AFF 2016 seperti dilansir situs AFF Suzuki Cup. Gol tersebut diciptakan Andik saat Timnas Indonesia menang 2-1 atas Singapura pada laga pamungkas Grup A.

Aksi Andik membuat Timnas Indonesia menyamakan skor di menit ke-62 setelah sempat tertinggal akibat gol Khairul Amri di menit ke-27. Andik melepaskan tendangan firs time usai berlari dari luar kotak penalti untuk menerima bola crossing Rizki Pora.

Berkat gol Andik, Timnas Indonesia semakin termotivasi hingga terciptanya gol penentu kemenangan lewat Stefano Lilipaly di menit ke-85. Gol itu pula yang membuat Timnas Indonesia berhak lolos ke semifinal sebagai runner-up Grup A.

Sepanjang Piala AFF 2016, Andik memang memiliki peran penting di setiap laga Timnas Indonesia. Kecepatan dan kelincahannya selalu membuat lawan kerepotan. Meski hanya mencetak satu gol, Riedl tak pernah mencoret nama Andik dalam daftar starter.

Sayang, petaka besar menimpa pemain Selangor FC tersebut saat Timnas Indonesia menjamu Thailand pada leg pertama final. Ia didera cedera yang memaksanya absen saat Timnas Indonesia gantian melawat ke kandang Thailand. Tanpa Andik, Timnas Indonesia pun kalah dua gol tanpa balas.

© Andik Vermansyah .(Liputan6.com/Helmi Fithriansyah) Andik Vermansyah

(red/uhammad/irmansyah/MF)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!