Kepala Polisi Thailand Berprasangka Seperti Ini Usai Timnas Thailand Dihukum FIFA

redaksi.co.id - Kepala Polisi Thailand Berprasangka Seperti Ini Usai Timnas Thailand Dihukum FIFA Kepala Polisi Thailand Jenderal Polisi Chakthip Chaijinda mulai mengungkap pelaku pelemparan flare dalam...

47 0

redaksi.co.id – Kepala Polisi Thailand Berprasangka Seperti Ini Usai Timnas Thailand Dihukum FIFA

Kepala Polisi Thailand Jenderal Polisi Chakthip Chaijinda mulai mengungkap pelaku pelemparan flare dalam laga final leg kedua Piala AFF 2016 melawan Timnas Indonesia. Chakthip mengatakan ada yang sengaja membuat kegaduhan untuk merusak reputasi negara Thailand.

“Saya percaya ada orang sakit yang bermaksud ingin mendiskreditkan FAT (Federasi Sepak Bola Thailand) dan merusak reputasi negara,” kata Chakthip, dikutip SuperBall.id dari Bangkok Post, Rabu (21/12/2016).

Dia menegaskan perayaaan berlebihan dalam laga yang digelar di Stadion Rajamangala itu tidak dibenarkan. Menang atau kalah, suporter Thailand tidak boleh bertindak di luar hukum. Bahkan saat perayaan tahun baru pun pihak kepolisian Thailand juga melarang masyarakat menyalakan flare.

“Perayaan mereka sangat berlebihan, harusnya mereka tidak bisa bertindak seperti ini. Saat tahun baru saja kami melarang masyarakat menyalakan flare,” lanjut Chakthip.

Akibat tindakan suporter itu, Thailand harus menghadapi masalah setelah menjuarai Piala AFF 2016. Timnas Thailand mendapatkan sanksi dari FIFA karena ulah suporter yang menyalakan flare.

Dugaan sementara, pelaku yang menyalakan flare adalah suporter Ultras Timnas Thailand. Sementara kasus ini ditangani pihak kepolisian, FIFA sudah menjatuhkan sanksinya untuk Thailand.

Tim Elephant War dikenakan denda denda sebesar 25.000 hingga 50.000 Swiss franc atau setara Rp 326 juta dan Rp 652 juta.

Kejadian ini juga menjadi rasa kecewa dan malu bagi Thailand karena masih dalam masa berkabung 100 hari atas meninggalnya Raja Bhumibol Adulyadej. (*)

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!