Ini Tiga Kandidat Pemain Wanita Terbaik FIFA 2016

redaksi.co.id - Ini Tiga Kandidat Pemain Wanita Terbaik FIFA 2016 Berakhirnya kerja sama France Football dan FIFA membuat penghargaan bergengsi bagi pesepak bola, yakni Ballon dOr...

29 0

redaksi.co.id – Ini Tiga Kandidat Pemain Wanita Terbaik FIFA 2016

Berakhirnya kerja sama France Football dan FIFA membuat penghargaan bergengsi bagi pesepak bola, yakni Ballon dOr kembali independen. Sebagai gantinya, FIFA meluncurkan The Best FIFA Football Award.Pengumuman akan berlangsung di Zurich, Swiss, pada 9 Januari 2017.

Pemilihan pemain terbaik dunia akan ditentukan melalui voting oleh jurnalis, pelatih, dan kapten tim nasional anggota FIFA. Jika kategori pemain terbaik pria yang bakal kembali menyandingkan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, maka persaingan di wanita bakal lebih seru.

Dilansir laman resmi FIFA, Rabu (21/12), ada tiga pemain wanita menjadi kandidat kuat peraih The Best FIFA Football Award. Berikut ketiganya:

Melanie Behringer (Jerman)

Melanie merupakan gelandang asal Jerman yang kini bermain untuk klub Bayern Muenchen. Pemain berusia 31 tahun itu pernah memperkuat beberapa klub seperti FC Frankfurt, SC Freiburg, dan FC Hausen.

Melanie ikut memperkuat timnas Jerman saat meraih medali emas untuk pertama kalinya pada Olimpiade Rio de Janeiro 2016 lalu. Dalam turnamen tersebut, dia bermain sebanyak enam kali dan semuanya sebagai starter.

Dia berhasil mencatatkan lima gol. Mantan pemain FC Frankfurt itu memiliki passing yang akurat dengan kedisiplinan yang cukup tinggi.

Prestasi Melanie tak hanya dipersembahkan di level timnas. Pada 2016, dia juga ikut mempersembahkan gelar juara Bundesliga wanita.

Carli Lloyd (AS)

Gelandang timnas Amerika Serikat, Carli Lloyd akan menjadi penantang Melanie dalam perebutan gelar prestesius tersebut. Pasalnya, Lloyd merupakan peraih pemain terbaik dunia pada 2015 lalu.

Dilansir dari cbssport, Lloyd cukup berpeluang mempertahankan gelarnya. Sebab ia tampil tajam di kompetisi lokal membela Houston Dash dengan selalu mencetak gol ke gawang lawan.

Pemain 34 tahun itu memiliki banyak prestasi bersama tim nasional. Lloyd dua kali meraih medali emas Olimpade dan ikut membawa negaranya juara piala dunia pada tahun 2015. Keberhasilan di tahun tersebut yang membuat dirinya meraih Ballon d’Or 2015.

Sebelum memperkuat Houston Dashdia telah berseragam SKY Blue FC, Atlanta Beat, Western New York Flash dan Chicago Red Stars.

Marta (Brasil)

Melanie maupun Lloyd harus mampu mendapatkan angka lebih tinggi dari pemain asal Brasil Marta. Sebab, sejak 2005 hingga sekarang, pemain dengan nama lengkap Marta Viera da Silva itu selalu masuk dalam daftar nominasi pemain terbaik dunia.

Marta pun berhasil menyabet gelar bergengsi tersebut sebanyak lima kali secara berturut-turur yaitu pada 2006 sampai 2010. Karena itu, Marta jelas merupakan pesaing terberat bagi Melanie dan Lloyd.

Meski Marta gagal membawa negaranya meraih medai emas pada ajang olimpiade Rio namun, pemain 30 tahun itu masih memiliki peluang menambah koleksi gelar individunya. Perannya di lapanan cukup berpengaruh baik di tim nasional maupun klub.

Marta saat ini bermain untuk klub Tyeeso. Beberapa klub pernah dia bela seperti Santos, Western New York Flash, Santa Cruz dan Vasco da Gama.

(red/ahmat/dhy/urniawan/RAK)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!