Ekonomi Indonesia Diprediksi Tumbuh 5,1 Persen

redaksi.co.id - Ekonomi Indonesia Diprediksi Tumbuh 5,1 Persen Perekonomian Indonesia diprediksi bakal lebih baik pada 2017. Ekonom Bank Mandiri memprediksi pertumbuhan ekonomi di tahun mendatang lebih...

26 0

redaksi.co.id – Ekonomi Indonesia Diprediksi Tumbuh 5,1 Persen

Perekonomian Indonesia diprediksi bakal lebih baik pada 2017. Ekonom Bank Mandiri memprediksi pertumbuhan ekonomi di tahun mendatang lebih positif.

Kepala Ekonom Bank Mandiri Anton Gunawan mengatakan, ekonomi Indonesia akan tumbuh 5,1 persen pada tahun depan. “Memang membaik, sudah mulai recovery tapi masih weak,” tambahnya, saat memaparkan proyeksi ekonomi makro di Plaza Mandiri, Kamis, (22/12).

Meskipun demikian, Anton mengatakan, Indonesia masih harus mewaspadai laju inflasi yang kemungkinan mencapai 4,2 persen pada 2017. Penyebabnya adalah kenaikan harga kelompok barang yang diatur pemerintah.

“Kami juga melihat kenaikan harga minyak dunia bukan tak mungkin membuat pemerintah harus melakukan penyesuaian pada harga bahan bakar minyak. Itu bisa mendorong inflasi,” jelasnya.

Tak hanya kenaikan BBM, ada sejumlah rencana penyesuaian harga lain dari pemerintah pada 2017. Termasuk, kenaikan tarif listrik untuk segmen 900 volt ampere (VA), dan 450 VA.

Dengan kenaikan inflasi itu, menurut Anton, BI akan sulit untuk menurunkan suku bunga acuan pada tahun depan. “Stabilitas mungkin masih terjaga tahun depan. Kita lihat kurs rupiah akan bergerak rata-rata di Rp 13.400 per dolar AS,” tuturnya.

(red/udhi/wi/nggoro/YDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!