Ini Cara Modern untuk Mengatur Keuangan Pribadi

redaksi.co.id - Ini Cara Modern untuk Mengatur Keuangan Pribadi Perkembangan teknologi yang terjadi sekarang ini telah membuat Anda begitu mudah dalam mengatur berbagai hal di dalam...

42 0

redaksi.co.id – Ini Cara Modern untuk Mengatur Keuangan Pribadi

Perkembangan teknologi yang terjadi sekarang ini telah membuat Anda begitu mudah dalam mengatur berbagai hal di dalam kehidupan Anda, bahkan di dalam sistem keuangan sekalipun. Zaman telah berubah, Anda tak lagi membutuhkan sejumlah catatan atau bahkan buku kas manual di dalam . Semuanya menjadi lebih mudah dan praktis, di mana Anda bisa mengandalkan berbagai aplikasi canggih dan modern untuk kebutuhan tersebut.

Saat ini berbagai macam aplikasi pengatur keuangan dapat diakses dengan mudah melalui smartphone atau laptop, sehingga pekerjaan dalam mengatur keuangan pribadi menjadi jauh lebih menyenangkan dan mudah untuk semua orang. Ini tentu sangat berbeda dengan belasan tahun yang lalu, di mana Anda akan begitu sibuk untuk mengumpulkan berbagai nota belanja, atau bahkan semua catatan tagihan bulanan yang telah Anda bayarkan.

Perkembangan positif ini seharusnya menjadi sebuah motivasi yang baik bagi Anda dalam mengelola keuangan pribadi, hal ini bisa dilakukan dengan mengatur segala sesuatu menjadi jauh lebih baik, khususnya yang terkait dengan masalah keuangan pribadi Anda.

Tidak perlu repot dan kesulitan dalam melakukan pengaturan keuangan modern, simak beberapa langkah mudah yang bisa diterapkan di dalam keuangan berikut ini:

Merencanakan Keuangan viaexpertbeacon.com

Sebagaimana pengaturan keuangan lainnya, dalam hal ini juga Anda harus memulainya dengan sebuah rencana terlebih dahulu. Ada banyak aplikasi yang bisa dipakai untuk kepentingan ini, di mana berbagai pos yang terdapat di dalam keuangan dapat diatur dengan sistem digital. Ini akan jauh lebih mudah dan menyenangkan untuk dilakukan.

Pilih dan gunakan salah satu aplikasi yang paling tepat, seperti: Good budget atau You Need A Budget (YNAB) yang mudah untuk digunakan. Dengan aplikasi ini, Anda akan dimudahkan untuk mengambil keputusan di dalam keuangan, termasuk dalam mengelola keuangan tersebut dengan cara yang cerdas dan tepat.

Kedua aplikasi tersebut memiliki jumlah pengguna yang cukup banyak, bahkan rating yang dimilikinya juga cukup baik, sehingga bisa digunakan untuk menjadi pertimbangan Anda dalam menggunakannya. Selain aplikasi tersebut, Anda bisa saja memilih aplikasi lainnya yang Anda anggap tepat, sebab saat ini ada banyak sekali aplikasi pengatur keuangan yang beredar luas secara online.

Bukan hanya di dalam pengaturannya saja, berbagai pengeluaran yang terjadi di dalam keuangan Anda juga bisa terlacak dengan mudah. Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai macam aplikasi, seperti : Mint, Expense Tracker, dan juga Power Wallet.

Sejumlah pengeluaran Anda bisa dilihat dengan mudah dengan menggunakan salah satu aplikasi tersebut, di mana pengeluaran ini dapat dibagi per kategori, seperti: makanan, minuman, liburan, hiburan, dan berbagai jenis pengeluaran lainnya. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah melihat pos pengeluaran mana yang paling besar dan harus diatasi dengan segera.

Anda akan dimudahkan dalam melakukan analisa pada berbagai pos pengeluaran yang Anda miliki, sehingga Anda dapat mengambil berbagai tindakan untuk membenahi semua pengeluaran yang dianggap tidak penting di dalam keuangan. Pengeluaran yang tidak efektif dapat terdeteksi dengan mudah, dan Anda bisa segera memperbaikinya dan mencegah terjadinya pemborosan di dalam keuangan.

Merencanakan Keuangan untuk Jangka Panjang viachispamagazine.com

Semua orang membutuhkan sebuah rencana keuangan yang cerdas, sehingga berbagai hal dapat direalisasikan dengan tepat. Namun pada kenyataannya, sebagian besar orang justru melupakan betapa pentingnya sebuah rencana keuangan, di mana mereka bahkan tidak memiliki sebuah rencana jangka panjang yang akan menjadi tujuan keuangan tersebut. Ini sebuah kesalahan, sebab berbagai tujuan di dalam hidup Anda pada dasarnya tidak bisa terpisah dari rencana keuangan yang Anda miliki.

Mulailah menyusun rencana keuangan jangka panjang di dalam kehidupan Anda, hal ini tentu dilakukan dengan memasukkan berbagai tujuan jangka panjang yang akan Anda capai nantinya.

Pada umumnya berbagai pos yang sangat penting akan menjadi bagian dari rencana ini, seperti: memiliki rumah, mempersiapkan biaya pensiun, mempersiapkan biaya sekolah anak-anak, dan juga berbagai rencana lainnya. Lakukan perhitungan yang tepat di dalam pendapatan yang Anda miliki, sehingga jumlah tertentu dapat dialokasikan untuk kebutuhan tersebut.

Tidak perlu khawatir akan kesulitan dalam melakukan hal ini, sebab sejumlah website keuangan dan investasi sudah menyediakan alat yang dapat diandalkan untuk menghitung semua hal tersebut dengan mudah. Dengan menggunakan peralatan di sana, Anda bisa melihat besaran biaya dan juga berbagai komponen yang bisa Anda alokasikan dengan tepat untuk menutupi rencana tersebut ke depannya secara bulanan.

Jangan pernah memisahkan rencana keuangan dengan kegiatan investasi di dalamnya, sebab hal ini akan sangat membantu Anda dalam mencapai target keuangan yang Anda inginkan. Saat ini, bukanlah sebuah hal yang sulit untuk dilakukan, di mana hal ini bahkan bisa Anda lakukan secara online dan praktis.

Belasan tahun yang lalu, berbagai instrumen investasi yang paling populer mungkin hanya berkutat di seputar deposito serta tabungan saja, sebab kedua komponen ini dianggap sebagai instrumen yang aman untuk dipilih.

Namun, hal tersebut juga sebanding dengan pendapatan yang tidak tinggi dari investasi tersebut, di mana bank hanya menerapkan sejumlah bunga yang ringan bagi keduanya. Lalu, bagaimana Anda bisa mencapai tujuan keuangan dengan mudah?

Saat ini, sejumlah bentuk investasi lainnya jauh lebih menguntungkan, di mana hal tersebut bahkan bisa memudahkan Anda dalam mencapai tujuan keuangan. Anda bahkan dapat melakukan investasi secara online, selama kegiatan tersebut dilakukan pada wadah yang tepat dan aman.

Saat ini, ada banyak bank dan juga lembaga keuangan lainnya yang bisa Anda jadikan sebagai pihak, di mana Anda bisa melakukan investasi dalam berbagai bentuk, seperti: saham, reksadana, obligasi, dan yang lainnya. Pilih wadah yang tepat, agar investasi bukan hanya menghasilkan, namun juga aman.

Dalam mengatur keuangan, Anda akan membutuhkan disiplin yang tinggi untuk melakukannya. Meski diberi kemudahandengan berbagai aplikasi modern, namun hal ini tetap harus dilakukan dengan cerdas dan penuh pertimbangan. Pilih aplikasi yang paling tepat, sehingga pengaturan keuangan akan lebih mudah untuk dilakukan.

(red//ur/sikin/MNA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!