Terkuak, Curhat Putri Diana Kala Perkawinannya Masih 'Bahagia'

redaksi.co.id - Terkuak, Curhat Putri Diana Kala Perkawinannya Masih 'Bahagia' Ini adalah salah satu surat-surat Putri Diana yang mengungkapkan kecintaannya kepada dua buah hatinya, Pangeran William...

32 0

redaksi.co.id – Terkuak, Curhat Putri Diana Kala Perkawinannya Masih 'Bahagia'

Ini adalah salah satu surat-surat Putri Diana yang mengungkapkan kecintaannya kepada dua buah hatinya, Pangeran William dan Pangeran Harry.

Surat dengan tulisan tangan Putri Diana itu menunjukkan betapa intimnya momen keluarga kala semuanya bak masih ala negeri dongeng. Pangeran yang tampan, putri yang cantik dan pewaris takhta tanpa cela. Itu adalah periode keemasan Lady Di pada tahun 1984 hingga 1993.

Kehidupan sempurna itu terlihat dalam tulisan tangannya di atas notes Buckingham Palace kepada kapala pelayan Cyril Dickman.

Dikutip dari Daily Mail, Jumat (23/12/2016), salah satu surat bertanggal 20 September 1984 menyebut, “William begitu menyayangisaudara laki-lakinya, dan seharian ia menghabiskan waktunya dengan memeluk dan menciumi Harry. Tak boleh ada orang lain di sisinya!”

Surat lain bertanggal 17 Oktober 1992 menulis betapa ‘badungnya’ Pangeran Harry. “Anak-anak baik dan menikmati sekolah asrama mereka. Meskipun, Harry kerap iseng dan mendapat kesulitan!”

Surat itu merupakan curhat Diana ketika mendapat surat teguran dari sekolah Harry di Ludgrove School di Berkshire yang telah memperingatkan Diana, bahwa putra bungsunya itu sudah menunjukkan bakat ‘memberontak’ semenjak kecil.

Sang putri mungkin tak mengira, sembilan tahun kemudian — saat ia telah tiada — di usia 17 tahun, Harry tertangkap tangan tengah menghisap ganja. Lalu, pada 2005, Harry dikecam karena menggunakan seragam Nazi di sebuah pesta kostum.

Surat lainnya juga mengisahkan betapa ia dan Pangeran Charles bahagia ketika Harry lahir.

“Reaksi dari lahirnya bocah kecil ke dunia membuat kami berdua bahagia. Dan aku nyaris tak bisa bernafas dengan kiriman bunga yang luar biasa banyaknya!”

Surat-surat itu yang senilai 15.000 pound sterling akan dilelang di Cambridge pada 5 Januari mendatang, bersama kartu natal yang ditandatangani oleh Pangeran Charles, Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip.

Surat lainnya adalah tentang kelahiran Pangeran Harry, di mana Diana menulis dengan hangat kepada Cyril, “Ini adalah ucapan banyak terima kasih, Cyril, untuk memikirkan kami terutama dalam waktu yang bahagia ini. Penudh cinta, dari Diana.”

Kehangatan hati Diana untuk Dickman — yang telah mengabdi kepada istana sebagai kepala rumah tangga selama 50 tahun — sangat nyata ketikaia mengirim surat ucapan duka kematian nenek Diana, Baroness Fermoy pada Juli 1993.

Diana menulis: “Terima kasih atas suratmu yang penuh cinta tentang nenekku. Kematiannya mengagetkan, namun ini sangat berarti bagi kami atas perhatianmu dan dukungan semua orang kepada kami, apalagi darimu.”

“Aku kerap memikirkanmu dan Nyonya Dickman, semoga hidup kalian berdua baik-baik saja.”

Pada tahun 1993, Dickman menjadi penasihat bagi Sir Anthony Hopkins untuk perannya sebagai kepala pelayan dalam film The Remains of the Day.

Diana menyebut peran Cyril dalam film dengan surat berisikan, “Aku tak sabar untuk menonton film tersebut.”

Kedekatan Diana dengan Dickman juga terasa saat ia mengirimkan surat cepat sembuh kala Dickman jatuh sakit pada tahun 1985.

“Aku hanya ingin menulis nota singkat betapa sedihnya aku mendengar bahwa Anda sakit. Kami rindu dengan kehadiranmu di Istana Buckingham kemarin,” tulis Lady Di.

Dickman memulai karirnya di Buckingham Palace dengan mengawasi atap agar tidak terbakar selama era Blitz (Perang Dunia II di mana London jadi sasaran serangan udara). Ia pensiun di usia 65 tahun dan mendapat penghargaan Freeman of the City of London. Saat ia jatuh sakit,secara pribadi mengunjunginya ke rumahnya.

Ia meninggal di usia 85 tahun 2012, dan surat-surat itu ditemui oleh cucunya dan kini akan dilelang.

Dylan Mander dari rumah lelang Cheffin mengatakan, “Cucu Cyril datang ke kami dan ia memberikan koleksi luar biasa ini dari Putri Diana.”

“Surat-surat itu berkisah tentang banyak hal, dari nakalnya Harry di sekolah dan bagaimana bocah itu dicintai oleh kakaknya.”

“Ini merupakan koleksi langka surat tulisan tangan Putri Diana. Ia tak punya banyak teman seperti orang biasa, jadi boleh dibilang, Cyril Dickman adalah salah satu teman dekatnya,” jelas Mander.

(red/uhammad/irmansyah/MF)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!